Pengalaman Unik Dennis Adhiswara Saat Mudik di Bulan Ramadan
Dennis Adhiswara (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mudik menjelang Ramadan dan Lebaran adalah kebiasaan yang dilakukan umat muslim Indonesia. Setiap orang tentunya punya cerita unik dengan pengalaman mudiknya ke kampung halaman.

Dennis Adhiswara menceritakan pengalaman mudik yang paling berkesan sepanjang hidupnya. Sejak duduk di bangku kelas 2 SD, sang aktor mengatakan jika ia dan keluarganya di Jakarta setiap tahunnya mudik ke Malang. Namun, tiba saatnya ketika Dennis duduk di bangku kelas 5 SD. Ia bercerita saat itu dirinya harus mudik seorang diri tanpa ditemani kedua orang tuanya.

“Saya mudik bersama keluarga pakai jalur darat, naik mobil. Itu saat saya masih kelas 2 SD, dan itu berlangsung terus setiap tahun. Hingga suatu saat di kelas 5 SD, saya mudik sendirian dari Jakarta sampai Malang, pulang-pergi sendirian,” ungkapnya kepada awak media di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin, 20 Maret 2023.

Dennis bercerita bahwa mudik tersebut adalah pengalaman pertamanya melakukan perjalanan jauh dengan bus seorang diri. Berbekal CD Player yang diberikan orang tuanya, sang aktor mengaku menikmati perjalanannya saat itu.

“Bayangin aja,anak SD di tahun 90-an berbekal CD Player, sepanjang perjalanan dia dengerin musik sambil menikmati perjalanan di luar jelndea, pemandangan sepanjang Jakarta sampai Malang,” tuturnya.

Aktor 40 tahun itu tak mrnjelaskan mengapa orang tuanya saat itu membiarkannya melakukan perjalanan jauh seorang diri. Namun, baginya pengalaman tersebut merupakan pengalaman yang menyenangkan. Ia pun tak habis pikir kenapa saat itu dirinya sangat berani mudik sendirian.

Namun begitu, Dennis tidak menyarankan jika ada anak-anak yang dibiarkan melakukan perjalanan jauh sendirian, terutama pada masa mudik dimana jumlah orang yang bepergian lebih banyak dari biasanya.

“Waalupun yang harus dipikirkan bahwa kalau untuk zaman sekarang kayaknya jangan deh. Zaman sudah berbeda, tingkat keamanan juga berbeda, jadi tidak disarabkan untuk melakukan itu,” pungkasnya.