Bagikan:

JAKARTA - Minggu ini lebih dari satu miliar umat Islam di seluruh dunia mulai merayakan bulan suci Ramadan. Di berbagai belahan dunia, masyarakat mempunyai tradisi dan cara yang berbeda-beda dalam merayakan Ramadan.

Melalui Google Trends selama satu tahun terakhir, Google Indonesia melihat tingginya minat masyarakat terhadap Ramadan, Idulfitri, dan Mudik beragam.

Fakta ini terbukti dari pencarian tentang “ceramah singkat ramadhan dan judulnya”, “puncak arus mudik 2023”, “baju lebaran”, “olahraga calisthenic” menjadi kata kunci yang paling banyak dicari di Indonesia.

Kata kunci terkait “Doa puasa Ramadan”, “Poster Ramadan”, dan “Jam buka puasa” juga menjadi kata kunci yang paling banyak dicari masyarakat.

Tidak hanya itu, untuk mengisi waktu luang sambil menunggu waktu berbuka, Google juga menemukan beberapa pencarian unik seperti pengalaman membuat “karpet tufting”, dan menemukan “resep buat buka puasa dan sahur”.

Selain mengungkapkan tren pencarian di bulan Ramadan, Google Indonesia juga meluncurkan beberapa fitur yang sangat berguna bagi masyarakat di bulan Ramadan ini.

Contohnya, Google Maps kembali menghadirkan beberapa informasi relevan seperti lokasi masjid, tempat istirahat, toilet, SPBU, bengkel kendaraan, tempat pengisian bahan bakar listrik (EV charging stations), harga tol, hingga fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa poin tujuan.

Kemudian, untuk membantu kelancaran ibadah Anda saat bepergian, Qibla Finder, aplikasi web yang menggunakan augmented reality dapat menunjukkan arah kiblat di mana pun Anda berada, baik secara offline sekalipun.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa waktu sholat, buka puasa dan sahur, menyiapkan salam, dan menemukan video seputar Ramadan yang relevan di Google Search.