Kapan Harus Dilakukan <i>Repotting</i> Tanaman Hias? Ketahui Cara yang Paling Tepat
Ilustrasi repotting tanaman hias (Unsplash/Kelly Sikkema)

Bagikan:

JAKARTA – Repotting adalah mengganti pot tanaman hias maupun tabulampot ketika sudah dalam kondisi tertentu. Seringkali, repotting dianggap ribet padahal hanya membutuhkan tiga langkah yang sangat mudah.

Repotting berfungsi untuk meluaskan tempat tumbuh akar tanaman serta memberikan nutrisi setelah media tanam yang lama sudah enggak proper lagi. Lalu kapan harus dilakukan repooting pada tanaman hias kesayangan? 

Ketika tanah tidak lembab lagi

Tanah sebagai media tanam tanaman hias, perlu menjaga kelembapan dan mengandung unsur organik yang menyuburkan tanaman. Ketika setelah disiram tanah tidak bisa mempertahankan kelembapan lingkungan tumbuh tanaman, maka perlu diganti dengan yang baru.

Akar tanaman tumbuh keluar pot

Alasan kedua, ketika akar tanaman sudah keluar dari pot diperlukan mengganti tempat hidup yang lebih besar. Tujuannya untuk merawatnya tumbuh subur dan bertunas daun atau berbunga cantik.

Disamping akar tanaman, pertimbangkan juga ukuran tanaman. Jika ukuran tanaman besar, hindari memilih pot terlalu kecil karena pertumbuhannya akan terhambat dan daunnya tidak subur.

kapan harus dilakukan repotting
Ilustrasi tanaman mint perlu repotting (Unsplash/Eleanor Chen)

Warna daun menguning

Apakah ada salah satu tanaman hias koleksi Anda yang warna daunnya kekuningan? Jika biasanya warna lebih hijau, ada kemungkinan tanaman tersebut butuh media tanam yang lebih lembab dan pot dengan drainase baik.

Kenali karakter tanaman

Jenis tanaman yang tumbuh cepat, seperti sirih gading, jade plants, ficus atau rubber tree membutuhkan repotting kurang lebih setahun sekali. Sedangkan tumbuhan yang lambat tumbuh, seperti kaktus, berbagai tanaman bonsai, dan monstera variegata perlu dilakukan repotting sekali dalam 1,5 – 2 tahun.

Cara melakukan repotting juga perlu pas. Berikut di bawah langkah-langkahnya.

Bagaimanan cara repotting yang tepat?

Pilih pot yang lebih besar

Alasan perlunya repotting adalah terjadi pertumbuhan pada tanaman. Agar tanaman tetap tumbuh ‘bahagia’ dan subur, maka pilih pot yang lebih besar. Pilih juga pot dengan drainase cukup sesuai ukurannya.

Siapkan media tanam

Tanaman tidak begitu menyukai tanah yang terlalu padat. Media tanam terbaik, bisa campuran dari tanah, sekam bakar, dan kompos. Bisa juga pakai media tanam yang disebut cocopeat. Cocopeat adalah media tanam yang punya daya serap tinggi dibanding tanah dan dibuat dari bahan organik.

kapan harus dilakukan repotting
Ilustrasi menyiapkan media tanam (Unsplash/Neslihan Gunaydin)

Pindahkan tanaman

Cara memindahkan juga perlu berhati-hati. Pertama gemburkan dulu media tanamnya agar agarnya tidak patah. Kemudian angkat tanaman dari pangkalnya, bersihkan media tanam dari pot lama yang masih menempel. Terakhir, letakkan di pot baru dan penuhi dengan media tanam yang dipilih.

Siram dengan air

Paling penting untuk diperhatikan, hindari menyiram air dengan aliran yang deras. Siram dengan aliran pelan sebab akar tanaman belum mencengkeram terlalu kuat dan media tanam belum padat.