6 Pilihan Pohon Kecil untuk Taman Rumah Minimalis
Ilustrasi (Markus Spiske/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan pemilik rumah dengan taman minimalis. Selain struktur dan desain dari taman rumah minimalis itu sendiri, Anda juga harus memperhatikan jenis tanaman yang akan Anda tanam di rumah. Biasanya, apa saja jenis yang bisa Anda tanam di taman minimalis ini? VOI bakal beri petunjuk di bawah ini melansir Southern Living, Senin, 26 September.

Japanese Maple

Saat mencari tanaman kecil untuk taman minimalis Anda, pohon Japanese Maple bisa jadi pilihannya. Pohon yang pertumbuhannya lambat ini tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna daun menakjubkan. Seperti merah tua, oranye, dan kuning cerah. Tinggi maksimal Japanese Maple adalah 4,57 meter. Sangat pas untuk Anda yang punya halaman rumah kecil.

Fringe Tree

Punya nama lain Pohon Pinggiran, Fringe Tree merupakan pohon kecil dengan bunga berwarna putih dan daun berwarna hijau. Memasuki musim gugur, daun pohon akan berubah menjadi kuning. Pohon ini juga bisa ditanam di taman minimalis Anda karena memiliki tinggi maksimal sekitar 4 meter. Daun Fringe Tree bisa tumbuh lebih lebat jika ditanam di daerah dataran tinggi. 

Cycad

Lebih dikenal dengan nama Pakis Haji, Pohon Sikas menjadi salah satu jenis pohon yang paling umum di taman-taman rumah minimalis. Termasuk ke dalam keluarga Cycadaceae, Pohon Sikas memiliki tampilan daun yang menyerupai bulu dan tumbuh mengarah keluar batang.

Pohon Sikas umumnya mengalami pertumbuhan yang lambat. Jenis pohon hias ini bisa tumbuh sampai 3-4 meter. Pohon Sikas bisa tumbuh di wilayah tropis, tidak heran kalau tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara.

Witch Hazel

Dikenal manfaatnya dalam dunia kecantikan, Witch Hazel dapat tumbuh subur terutama di bawah sinar matahari dengan tanah yang lembab. Witch Hazel, juga dikenal sebagai Winterbloom, tumbuhan lebat nan indah yang mekar setiap tahun. Pohon bebas perawatan ini tumbuh hingga ketinggian 6 meter dengan ukuran lebar yang sama. Pohon ini memiliki warna bunga kuning-oranye yang memesona.

Umbrella Tree

Memiliki nama lain Hawaiian Schefflera, Umbrella Tree adalah sejenis tanaman hias yang bisa tumbuh dengan cepat dan mudah dirawat. Jenis Umbrella Tree yang paling dikenal adalah Australia Umbrella Tree. Ciri khasnya adalah dedaunan yang rindang dan cantik, pas untuk taman rumah minimalis. Cara perawatannya juga mudah, cukup dengan menggunting bagian ujung atau depan daun yang tumbuh secara berkala.

Viburnum Tree

Pohon ini biasanya mekar di awal musim semi hingga awal musim panas. Viburnum Tree hadir dalam berbagai varietas tanaman yang unik. Mulai dari yang bunga warna putih hingga merah muda. Dan menghasilkan bau harum hingga busuk. Meski ukuran Viburnum Tree termasuk kecil, namun daunnya bisa tumbuh lebat. Untuk itu, tentukan dengan baik area di mana Anda akan menanam pohon ini. Viburnum Tree dirawat dengan cara dipangkas daunnya untuk menghilangkan cabang mati atau daun berlebih.