9 Rekomendasi Tanaman Rambat Berbunga untuk Pergola
Ilustrasi tanaman rambat berbunga untuk pergola (Unsplash/Nadine Marechal)

Bagikan:

JAKARTA – Tanaman peneduh atau dikenal dengan pergola, biasanya untuk peneduh kendaraan maupun tempat santai di belakang atau samping rumah. Apabila Anda sedang mencari referensi tanaman hidup untuk menghias area rumah Anda, berikut referensi tanaman rambat berbunga untuk pergola.

1. Bougenville

Tanaman rambat berbunga warna-warni seperti bougenville kerap dijadikan tanaman hias untuk pagar. Tetapi tak menutup kemungkinan dijadikan peneduh atau pergola.

Ketika meninggi dan berbunga lebat, tanaman ini membuat rumah terlihat asri. Uniknya lagi, bunga bougenville tahan terhadap cuaca panas.

2. Alamanda

Tanaman hias merambat yang berbunga cantik, alamanda, mempunya bentuk yang mirip dengan bunga terompet. Bedanya, ukurannya lebih kecil dan warna bunganya kuning serta merah muda.

tanaman rambat berbunga untuk pergola
Tanaman rambat berbunga, alamanda (Instagram/@Jardineiroamador)

 

3. Curtain creeper

Tanaman merambat curtain creeper atau dikenal dengan Lee Kwan Yew bunganya berwarna kuning bersemu oranye. Ada juga yang berwarna putih serta merah muda. Ketika mekar sempurna akan menyerakkan aroma wangi. Bisa untuk menghias kanopi, pagar besi, maupun pergola di rumah Anda.

4. Morning glory

Bentuk bunganya sulit dibedakan dengan bunga telang. Meski keduanya berasal dari spesies yang berbeda, warnanya sama, yaitu biru keunguan.

5. Ivy

Ingin menciptakan peneduh rumah yang tumbuh cepat, ivy bisa jadi pilihan. Anda bisa meletakkan di lokasi yang tepat, seperti pagar rumah dan rangka besi untuk peneduh kendaraan.

6. Clematis

Pilihan lain untuk pergola adalah tanaman merambat dan berbunga yang disebut dengan clematis. Tanaman ini bisa berbunga sepanjang tahun dan memendarkan aroma harum.

Warna dari bunga clematis ada berbagai macam, antara lain ungu, merah muda, merah, putih, dan kuning.

tanaman rambat berbunga ungu
Bunga clematis untuk pergola (Instagram/@yuritlavender)

 

7. Flame of Irian

Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, flame of irian bunganya menggantung. Artinya apabila ditanam untuk pergola, bunganya akan tumbuh ke bawah dan terlihat indah.

8. Melati kosta

Melati kosta berwarna ungu ketika bunganya sedang kuncup. Ketika bunga bermekaran, warnanya akan berubah bersemu putih.

tanaman rambat berbunga ungu
Ilustrasi tanaman berbunga jasmine kosta (Unsplash/Anton Marsimov juvnsky)

 

9. Wooly congea

Wooly congea merupakan nama ilmiah dari bunga yang dikenal dengan sebutan shower orchid. Warna bunganya manis, putih berparu dengan ungu dan merah muda. Ketika sudah mulai menua, warna bunganya berubah menjadi abu-abu.

Dari rekomendasi tanaman rambat berbunga di atas, mana yang paling Anda ingini menghias pergola di rumah?