5 Tanaman Hias Berbunga Putih dan Menebarkan Wangi
Ilustrasi tanaman hias bunga putih yang harum (Pexels/Talha Riaz)

Bagikan:

JAKARTA – Apabila Anda menyukai merawat tanaman hias yang berbunga, tentu mencari warna bunga yang paling disukai. Nah, karena terdapat banyak sekali macam-macam warna bunga, warna putih juga membuat jatuh hati.

Bunga berwarna putih dan menebarkan wangi yang paling dikenal adalah melati maupun mawar putih. Jika Anda mencari referensi lain, berikut rekomendasi tanaman hias bunga putih dan mampu mengaurkan aroma sedap di halaman rumah.

1. Wijaya kusuma

Bunga wijaya kusuma lekat dengan mitos, sebab waktu mekar terbatas. Seolah peristiwa mekar merupakan satu momen yang ajaib dan ditunggu-tunggu. Uniknya, tanaman ini masuk dalam spesies sukulen dengan batang tidak rata. Sekilas terlihat seperti tanaman kaktus tumbuh vertikal namun membutuhkan penyangga sebab tak dapat berdiri tegak.

Bunga wijaya kusuma akan mekar saat hampir tengah malam menjelang dini hari. Pada waktu lain, bunganya hanya kuncup namun masih beraroma wangi.

2. Gerdenia

Rekomendasi tanaman bunga berwarna putih selanjutnya adalah gardenia. Bunga gardenia termasuk keluarga tumbuhan kopi yang bisa tumbuh di kawasan tropis dan sub tropis. Bunga ini memiliki kurang lebih 140 spesies. Ketika mekar, bunganya akan menebar harum.

Bunga gardenia juga dikenal akrab dengan sebutan bunga ceplok piring. Ada juga yang menyebutnya bunga kaca piring.

3. Cempaka putih

Nama ilmiah dari bunga cempaka putih ialah Michelia x alba. Tanaman berbunga ini akan tumbuh subur di kawasan dengan paparan matahari tidak menyengat. Selain berwarna putih dan memiliki aroma yang harum, gardenia juga bermanfaat untuk kesehatan.

Diantaranya bisa membantu mengatasi demam, keputihan, haid tidak teratur, hingga menghilangkan bau mulut.

4. Amarilis

Bunga amarilis atau disebut dengan bunga bakung paling sering terlihat menghias halaman rumah. Bahkan tanaman hias tepi jalan juga kerap ditemukan tumbuh tumbuhan berbunga ini.

tanaman hias bunga putih dan wangi
Gambar bunga amarilis (Pexels/Julia Filirovska)

 

Kelopak bunganya mirip dengan bunga terompet dengan putih dan benangsari menyembul menambah semakin indah. Tanaman bunga amarilis termasuk satu keluarga dengan lily. Meskipun menebarkan aroma harum, bunga ini berbahaya jika dikonsumsi.

5. Sedap malam

Rekomendasi terakhir ialah bunga sedap malam. Sedap malam memiliki nama ilmiah Polianthes tuberosa. Tanaman bunga sedap malam juga diolah untuk bahan parfum. Karakter tumbuhannya berumbi dan bunganya mekar pada malam hari.

Dari kelima tanaman hias bunga putih dan harum di atas, mana yang paling menarik menghias rumah Anda?