Terbaik, Ini 5 Jenis Tanaman Evergreen yang Cocok untuk Taman Rumah
Ilustasi (Evgeniya Vlasova/The Spruce)

Bagikan:

JAKARTA - Jenis tanaman hias berbunga evergreen menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghiasi halaman rumah. Jenis tanaman ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki tanaman hias berbunga sekaligus dedaunan yang lebat.

Perpaduan antara warna bunga yang mencolok dengan latar belakang dedaunan hijau akan menjadi kombinasi cantik. Selain itu, tanaman hias evergreen juga memiliki jenis beragam. Mulai dari yang memiliki tingkat perawatan mudah hingga yang lebih rumit.

Melansir The Spruce, Senin, 5 September, berikut lima jenis tanaman evergreen terbaik untuk ditanam di taman Anda.

Creeping Myrtle

(Pexels/Monica)

Creeping Myrtle adalah tanaman berbunga biru. Daunnya yang lebar dan hijau tumbuh merambat di atas tanah. Perpaduan warna hijau dan bunga biru memberi kesan segar saat dipandang mata. Sebelum menanamnya, pastikan lahan di sekitar bebas dari tanaman lain sebab Creeping Myrtle bisa tumbuh merambat sejauh 45 sentimeter dengan tinggi 7 hingga 15 sentimeter.

Rhododendrons

Rhododendrons berbunga dalam berbagai warna seperti ungu, putih, pink, dan merah. Sama seperti Creeping Myrtle, Rhododendrons pun punya daun yang lebar. Lebar daun ini bisa mencapai 15 sentimeter. Sedangkan tinggi tanaman bisa tumbuh 20 hingga 38 sentimeter. Taman Anda tentu terlihat asri dengan adanya tanaman evergreen jenis ini.

Daphne

Daphne adalah semak yang cukup menarik dengan bunganya yang berbentuk tabung berwarna putih hingga merah, diikuti oleh adanya buah beri merah kecil. Tanaman ini akan tumbuh setinggi 90 hingga 120 sentimeter.

Daun lebatnya yang berwarna hijau muda kecil membuatnya menjadi salah satu pembentuk gundukan semak yang bagus di pekarangan rumah. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh. Dengan kondisi tanah yang dikeringkan dengan baik, serta kaya akan kandungan kompos. Seperti tanaman semak lainnya tanaman ini menyukai tanah dengan pH sedikit asam. Untuk menyesuaikan tingkat asam, Bunda bisa mengaplikasikan lapisan mulsa setebal tiga inci.  

Winter Heath

Tanaman winter heath atau dengan nama ilmiah Erica x darleyensis adalah jenis tanaman yang senang tumbuh di kondisi sinar matahari penuh, dengan tinggi sekitar 30 sentimeter. Tanaman ini juga kerap dikenal dengan sebutan cemara evergreen karena daunnya menyerupai jarum kecil. Tanaman ini juga memiliki keindahan bunga merah muda yang mekar selama berbulan-bulan.

Varietas ini tidak begitu tahan dingin seperti varietas lainnya. Winter Heath tumbuh baik di tanah lembap dengan drainase baik dengan pH tanah asam.Sebagai semak kecil dengan daunnya yang lebat, jenis tanaman ini ideal untuk ditanam secara berkelompok untuk membentuk penutup tanah yang menekan tumbuhnya gulma di tanah.

Azalea Stewartstonian

Tanaman evergreen Azalea berukuran 1,2 hingga 1,8 meter. Varietas Stewartstonian ini memiliki kuncup bunga berwarna oranye dan ketika berbunga akan berubah warna menjadi keemasan. Pada awal penanaman, Stewartstonian memakan waktu beberapa tahun untuk mencapai ukuran dewasa. Tetapi setelah terbentuk dapat bertahan selama 40 tahun atau lebih. Menempatkannya di bagian teduh dan di tanah dengan kelembapan konsisten, serta tingkat asam pH 5,0 hingga 5,5 adalah tempat yang ideal untuk menumbuhkan tanaman ini.