Bisa Ditanam di Rumah, 5 Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Teh
Ilustrasi jenis bunga yang bisa dijadikan teh (Unsplash/Ornella Binni)

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa jenis bunga memiliki manfaat apabila diseduh dan diminum yang dikenal dengan tisane. Jenis bunga tersebut juga bisa menghias rumah Anda. Nah, manfaatnya sangat beragam, mulai dari untuk relaksasi hingga membantu memperbaiki sistem pencernaan.

Jenis tanaman bunga apa saja yang bisa ditanam di rumah sekaligus bermanfaat jika diseduh? Berikut daftar beserta manfaatnya.

1. Mawar

Selain memendarkan aroma wangi, bunga mawar juga bisa diseduh untuk membantu meningkatkan imun, khususnya melawan serangan flu. Dilansir Organic Facts, Kamis, 14 Oktober, bunga mawar juga membantu menjaga sistem pernapasan karena bisa mengusir dahak dan lendir.

Jika ingin menanamnya, Anda bisa memilih bibit bunga mawar yang baik. Agar terus berbunga, tanaman bunga mawar perlu disiram rutin, terpapar cukup cahaya matahari, dan diberikan pupuk setiap tiga bulan sekali.

2. Lavender

Bunga lavender dikenal sebagai tumbuhan pengusir nyamuk. Jika diseduh menjadi tisane, lavender bisa membantu relaksasi dan mengatasi sakit kepala ataupun migrain. Dalam bunga lavender mengandung senyawa volatil. Senyawa tersebut bisa menetralisir radikal bebas.

3. Dandelion

Bunga dengan mahkota berwarna putih dan kekuningan ini bisa diseduh untuk mengatasi sembelit. Bahkan, bunga ini juga bisa membantu mengatasi jerawat. Lebih menakjubkan lagi, bunga dandelion bermanfaat membantu liver memproduksi cairan empedu.

Benih tanaman bunga dandelion bisa dibeli dengan mudah. Benihnya berupa biji yang perlu disemai dahulu. Setelah mulai bertunas, bisa dipindahkan ke media tanam yang tepat yaitu campuran tanah dengan tekstur halus, pupuk, dan sedikit pasir.

Bunga dandelion menyukai terpapar matahari langsung. Artinya, bunga ini tidak akan subur jika diletakkan di dalam rumah.

4. Krisan

Manfaat meminum air seduhan bunga krisan sangat banyak sekali, antara lain meredakan gejala flu, sinusitis, menurunkan tekanan darah, dan anti-inflamasi. Ditambah lagi, tisane bunga krisan bisa membantu tetap fokus dan meningkatkan konsentrasi.

Cara menanam bunga krisan tidak sulit. Anda bisa membeli bibit terbaik tanaman bunga krisan dan memberinya pupun untuk menambah unsur hara mikro maupun makro supaya berbunga banyak.

5. Bunga sepatu

Bunga sepatu atau dikenal juga dengan hibiscus mengandung antioksidan serta flavonoid yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan flu. Ingin menanamnya di halaman rumah Anda? Bunga sepatu dapat ditanam di pot maupun langsung di tanah.

Uniknya, tanaman bunga sepatu bisa tumbuh dan berbunga hingga usia setengah abad. Nah, supaya tetap subur cukup rutin disiram, diberi pembasmi hama kutu putih, dipupuk, dan dipangkas secara berkala.