Percantik Halaman Rumah dengan 5 Jenis Bunga Krisan Ini
Ilustrasi (Eva Elijas/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bunga krisan yang berukuran sedang ini biasa dikenal sebagai tanaman hias sekaligus tanaman obat yang mampu mengurangi racun di dalam tubuh, meredakan batuk, menenangkan pikiran, dan masih banyak lagi. Ukurannya yang sedang dan berwarna cerah membuatnya sesuai untuk menghias taman rumah.

Tertarik untuk menanamnya sendiri? Simak dulu beberapa jenis dan cara merawat bunga krisan berikut ini!

Bunga Krisan Carinatum

Di antara jenis bunga krisan, tampaknya bunga krisan carinatum adalah yang paling semarak. Satu bunga krisan carinatum terdiri atas setidaknya dua hingga tiga warna yang membentuk lingkaran.

Bagian tengahnya berwarna gelap, kemudian diikuti oleh lingkaran tipis warna-warni dan warna dominan seperti putih, kuning, dan merah. Bunga krisan carinatum ini terbilang cepat untuk mekar, hanya butuh menunggu selama dua minggu setelah penanaman.

Bunga Krisan Pompom

Tanaman hias bunga krisan yang satu ini mendapatkan namanya karena bentuk kelopak bunga berlapis-lapis yang membentuk bola. Biasanya bunga jenis ini berwarna kuning cerah, putih, dan ungu. Diameter gumpalan bunga krisan ini bisa melebihi 10 cm. Sangat cantik dan bisa menjadi pusat perhatian di taman.

Perawatan salah satu jenis tanaman hias yang wajib Anda lakukan rutin adalah menyiramkan air. Berikan air secukupnya, jangan sampai menggenang di atas media tanam karena akan membuat akar bunga krisan cepat membusuk. Penyiraman ini hanya perlu dilakukan sehari sekali pada pagi hari.

Bunga Krisan Segetum

Bunga krisan yang pertama dan paling umum adalah krisan segetum. Ciri khas bunga krisan segetum adalah kelopak berwarna kuning dengan bagian tengahnya yang lebih gelap. Bunga krisan jenis ini akan mulai terlihat mekar setelah tiga bulan penanaman bibit dan bisa tumbuh tinggi hingga 50 cm. Biasanya, bunga krisan ini akan bertahan selama dua bulan setelah tumbuh.

Bunga krisan inodorum

Bunga krisan inodorum memiliki kelopak berwarna putih bersih dengan bagian tengah yang berwarna kuning terang. Bunga krisan ini akan membuat taman rumah impian terlihat romantis dan bersih. Jenis yang satu ini bisa tumbuh tinggi hingga 35 cm.

Bunga Krisan Maximum

Bunga krisan maximum adalah yang tertinggi di antara jenis krisan lainnya. Batangnya bisa tumbuh tinggi hingga satu meter. Kelopak bunganya panjang-panjang berwarna putih dan memiliki bagian tengah berwarna kuning terang. Ukurannya yang cukup besar membuatnya cocok dijadikan tanaman penghias pagar rumah serta bunga potong untuk dirangkai menjadi sebuah buket.