Mengenal Apa Itu Teh Krisan dan Khasiatnya bagi Kesehatan, Digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok
Ilustrasi teh krisan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bunga krisan tidak hanya digunakan sebagai tanaman penghias rumah, namun bunganya juga dapat diolah menjadi teh. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu teh krisan. Teh bunga krisan dibuat dari rendaman bunga krisan kering yang diseduh dengan air panas. 

Teh krisan merupakan minuman yang populer di Cina saat musim panas. Selain menjadi minuman yang menyegarkan, teh krisan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Teh bunga krisan bahkan sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional Tiongkok sejak ratusan tahun lalu. 

Saat ini teh bunga krisan semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Lantas bagaimana sejarah teh bunga krisan dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan?

Manfaat Teh Krisan bagi Kesehatan

Masyarakat Tiongkok mengonsumsi teh bunga krisan sebagai alternatif sebagai pengobatan untuk masalah pernapasan, hipertiroidisme,dan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian berjudul “Anti-inflammatory components of Chrysanthemum indicum flowers” menunjukkan bahwa beberapa bahan kimia yang diekstrak dari bunga krisan memiliki manfaat dapat mengurangi peradangan. 

Berikut ini sejumlah manfaat minum teh bunga krisan bagi kesehatan:

Meredakan Sakit Tenggorokan

Salah satu khasiat teh bunga krisan adalah dapat meredakan sakit tenggorokan. Bunga krisan memiliki kandungan antibakteri dan antiradang sehingga dapat membantu meredakan infeksi dan mengurangi peradangan pada tubuh. 

Mengontrol Tekanan Darah

Mengonsumsi teh bunga krisan juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Pengobatan tradisional Tiongkok menggunakan teh krisan sebagai herbal anti-hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa bunga krisan sebagai bagian dari rejimen terapi makanan secara keseluruhan yang efektif menurunkan tekanan darah. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain bermanfaat mencegah hipertensi, teh bunga krisan juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dalam bunga krisan terkandung kalium dan antioksidan yang bermanfaat baik bagi kesehatan jantung. 

Meredakan Demam dan Pilek

Teh bunga krisan juga bermanfaat untuk meredakan demam dan pilek. Bunga krisan mengandung antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi demam. Pengobatan tradisional Tiongkok sudah sejak dahulu menggunakan teh krisan untuk mengobati pilek dan batuk yang disertai demam. 

Mengurangi Stres

Mengonsumsi teh bunga krisan juga dapat menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Selain menyuguhkan aroma yang wangi dan lembut, bunga krisan juga mengandung senyawa yang dapat menciptakan efek relaksasi dan membuat pikiran jadi tenang. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu teh krisan dan manfaatnya bagi kesehatan.Selain menawarkan berbagai khasiat yang baik bagi kesehatan, Anda juga perlu mengingat bahwa teh bunga krisan mungkin juga memiliki efek samping seperti alergi.  

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.