Temuan Survei, Unsur Kayu di Ruang Kerja Berpotensi Meningkatkan Konsentrasi
Ilustrasi dekorasi ruang kerja dengan unsur kayu (Pexels/Ken Tomita)

Bagikan:

JAKARTA – Menyelesaikan pekerjaan kantor butuh konsentrasi. Secara langsung, suasana ruang kerja memengaruhi tingkat konsentrasi. Mulai dari dekorasi hingga sirkulasi udara dapat diatur sedemikian rupa sehingga seseorang yang bekerja di dalamnya dapat meningkat aspek kepuasan kerja.

Menurut survei yang dilakukan tiga tahun lalu di Australia, unsur kayu dalam ruang kerja ternyata bisa memengaruhi tingkat konsentrasi dan kepuasan kerja.

Meski survei ini tidak dilandasi teori ilmiah, faktanya orang-orang lebih senang dan merasa puas saat mereka dapat melihat benda kayu yang tampak alami di ruang kerjanya. Seperti meja, pintu, panel, maupun lantai.

Jika dibandingkan, ruangan yang lebih dari 20 persen menampilkan unsur kayu alami membuat orang-orang yang terlibat dalam survei merasa kehidupan kerjanya lebih memuaskan dibanding yang tidak memasang unsur kayu di tempatnya bekerja.

Selain itu, peserta survei yang bekerja di tempat dengan kayu yang lebih terbuka menunjukkan tingkat produktivitas personal, kemampuan konsentrasi, dan suasana hati lebih baik.

Dilansir Lifehacker, Jumat, 28 Mei, Lloyd Alter dari Treehugger mengatakan bahwa ide mengubah rangka pintu dari lapisan kayu membuat perbedaan yang mengejutkan. Alter juga menunjukkan bahwa orang-orang menyukai kayu dan kerja lebih baik di dalam ruangan dengan unsur alami.

Menurut feng shui, unsur kayu merupakan salah satu dari lima unsur utama dari alam disamping air, api, logam, dan tanah. Unsur dari kayu adalah vitalitas, pertumbuhan, dan kebaikan. Energi kayu juga terkait dengan fleksibilias dan ketulusan hati.

Unsur kayu di dalam ruang kerja dapat mengimbangi dan melengkapi unsur lain. Misalnya, display tanaman hidup dengan media tanam air dan pot dari tanah liat. Sedangkan elemen logam, Anda bisa memasang jam dinding atau hiasan dekoratif.

Paling mudah, untuk memasukkan unsur kayu adalah memilih meja kerja berbahan utama kayu beserta kursinya. Tidak harus semua berunsur kayu, sentuhan warna kayu alami juga memberikan efek positif.

Disamping memberi sentuhan unsur kayu di ruang kerja, Anda perlu menjaga area ini bebas kekacauan. Tata susunan kertas, pilah yang tak dipakai lagi lalu menyingkirkan barang lain yang useless.