Bagikan:

JAKARTA - Suhu udara diperkirakan akan lebih tinggi dari sebelumnya pada musim panas ini. Anda mungkin sudah siap dengan cara mengatasi panas. Tapi, bagaimana dengan tanaman? Bunga, rumput halaman, dan dedaunan di luar ruangan dapat layu karena suhu tinggi. 

Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu melindungi tanaman dari cuaca panas. Melansir The Spruce, Kamis, 20 Juni, mari simak tips selengkapnya berikut ini. 

Gunakan paranet

Kain peneduh atau paranet merupakan terpal gantung yang ditempatkan di atas tanaman. Paranet membiarkan sedikit cahaya masuk, sehingga tanaman akan tetap sehat walau di tempat teduh. Namun, mencegah sinar matahari membakar atau merusak tanaman yang tidak tahan terhadap sinar matahari penuh.

Pastikan paranet tidak bersentuhan langsung dengan bagian tanaman. Tujuannya yaitu memastikan tanaman mendapat naungan yang tepat tanpa membuatnya terbakar. Paranet merupakan solusi terbaik agar tanaman tetap sejuk di musim panas.

Tidak memotong rumput

Sebaiknya tidak potong rumput saat musim panas. Rerumputan yang tinggi mempertahankan keteduhan dan kelembaban, sehingga tanah di halaman cenderung tidak mengering di bawah terik matahari. Ini akan membantu rumput tumbuh tinggi dan subur, bahkan tanpa perawatan apapun. 

Jika harus memangkas, sebaiknya dipotong tidak terlalu pendek. Ini memastikan rumput di halaman tidak terkena suhu panas secara langsung selama masa pertumbuhan kembali setelah dipotong.

Ubah waktu penyiraman

Jika ingin tanaman tumbuh subur, Anda harus melakukannya pada musim panas ini. Menyiram tanaman merupakan salah satu cara termudah membantunya bertahan dalam kondisi yang intens. Namun jika menyiram pada saat matahari sedang tinggi, tanaman akan kehilangan sebagian air karena panasnya tanah.

Menyiram di pagi hari saat matahari belum menyinari tanaman akan membantu mempertahankan lebih banyak kelembapan. Sehingga tanaman dapat menyerap semua air yang ada sebelum matahari mengeringkan lapisan atas tanah di kemudian hari.

Pasang mulsa di seluruh tanaman

Tanah mudah mengering saat kondisi panas. Sehingga ada kalanya Anda melihat bagian atas tanah mengering dan retak. Mengatasi masalah ini, tambahkan mulsa ke halaman. Di musim panas, mulsa membantu melindungi tanah dari paparan sinar matahari, membantu menahan air, dan membuat tanaman tumbuh subur.

Tambahkan water feature

Jika khawatir panas jangka panjang memengaruhi tanaman, pertimbangkan untuk meletakkan water feature di halaman. Aliran air dari water feature membantu mendinginkan udara sekitar, sehingga tanaman bisa merasa sejuk. Pastikan air dari water feature terus bergerak sehingga mengurangi laju penguapannya dan mencegah masuknya serangga. 

Bawa tanaman ke dalam ruangan

Garasi atau ruangan sejuk di dalam rumah dapat membantu tanaman tetap sejuk di musim panas. Bahkan memindahkan tanaman ini ke area tertutup seperti teras atau serambi dapat memberi keteduhan ekstra dan membantunya menahan lebih banyak air. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memindahkannya ke sisi rumah yang tidak banyak terkena sinar matahari langsung.