Ciptakan Suasana Tropis di Halaman Rumah dengan Menanam 6 Tanaman Hias Ini
Ilustrasi (Sony Sixteen/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki karakteristik yang cukup kuat akan cuaca yang ekstrim sekalipun, tanaman tropis menjadi kegemaran banyak orang karena perawatannya yang mudah. Tanaman tropis sering kali dipelihara sebagai tanaman hias di dalam maupun di luar rumah.

Selain bentuknya yang unik dan cantik, perawatannya yang mudah juga membuat banyak orang gemar memeliharanya. Berikut enam tanaman tropis yang cocok dijadikan tanaman hias di halaman rumah, melansir Better Homes & Garden, Kamis, 25 Mei.

Canna

Canna adalah tanaman tropis dengan pemeliharaan rendah. Daunnya memiliki corak berwarna hijau dan perunggu serta bunga warna kuning, merah, oranye, dan fuchsia. Tanaman ini memiliki tinggi standar sekitar 4 hingga 10 kaki sehingga cocok ditanam langsung di halaman tanpa media pot. 

Ada juga varietas kerdil yang tingginya mencapai tinggi orang dewasa yakni sekitar 1 hingga 2 kaki. Canna kerdil cocok ditanam dalam pot sehingga mudah dipindahkan sesuai dekorasi taman.

Bunga Terompet Kuning

Ramaikan halaman rumah Anda dengan bunga terompet kuning atau Brugmansia Spp. Bunga berbentuk terompet sepanjang 6 hingga 12 inci ini menarik perhatian orang yang melihat dengan rupa menawan serta aroma wangi yang semerbak di malam hari. Manfaatkan keharumannya dengan menanam bunga terompet di dekat teras atau pintu masuk.

Bunga Keladi Taro

Bunga keladi taro memiliki daun yang rimbun. Dikenal juga dengan sebutan bunga kuping gajah, tanaman ini punya daun berbentuk hati dengan lebar sekitar 1 kaki dan panjang 2 hingga 3 kaki. Daun besar ini berada di atas batang berdaging setinggi 3 hingga 6 kaki. Selipkan bunga keladi di antara tanaman dengan struktur batang tinggi dan kecil atau letakkan di belakang tanaman yang pendek.

Bunga Caladium Putih

Berasal dari daerah tropis di Amerika Selatan, bunga caladium putih tumbuh subur di tempat teduh. Selain itu bunga ini juga dapat tumbuh di tempat lembab dan tanah subur dengan campuran pupuk yang baik. Anda bisa gali umbi tanaman di musim gugur untuk disimpan selama musim dingin.

Bunga Kembang Sepatu

Halaman kecil Anda tidak lengkap tanpa salah satu dari tanaman tropis terkenal yakni kembang sepatu. Bunga kembang sepatu tropis (Hibiscus Rosa-Sinensis) berukuran 5 hingga 12 inci dan tersedia dalam campuran warna-warni hangat. Tanaman dengan tekstur bunga mirip kertas krep ini mekar di pertengahan hingga akhir musim panas selama suhu tinggi.

Mandevilla

Daerah tropis kaya akan tanaman merambat. Jadi, mari ciptakan halaman dengan ragam tanaman merambat, salah satunya mandevilla. Biarkan mandevilla merambat hingga terali atau pohon. Mandevilla memiliki tinggi 3 hingga 4 inci dengan bunga putih dan merah muda yang mencerahkan dedaunan hijau gelap.