Bagikan:

JAKARTA - Meletakkan tanaman hias adalah salah satu cara menambah keindahan ke dalam sudut rumah, tak terkecuali halaman. Namun, beberapa tanaman hias juga menawarkan aroma yang menakjubkan yang terpancar dari daun atau bunganya. Dilansir dari Southern Living, Jumat, 7 Juni, berikut ini delapan tanaman hias paling harum untuk membuat halaman beraroma segar.

Gardenia

Bunga gardenia adalah salah satu tanaman yang paling sering dijumpai. Dengan aroma harum yang manis, bunga berwarna putih ini menghadirkan pemandangan indah untuk disaksikan. Pastikan tanaman gardenia mendapatkan sinar matahari penuh untuk produksi mekar maksimal.

Bunga bakung gunung

Bunga bakung gunung atau lily of the valley mempunyai aroma segar dan lembut. Bunga ini adalah bunga yang melambangkan kesucian dan cinta. Pun merupakan bunga favorit keluarga kerajaan Inggris. Hidup baik di tempat teduh dan mudah menyesuaikan diri, bunga bakung gunung bisa jadi tambahan yang bersahaja namun indah untuk taman.

Eukaliptus

Meski sebagian besar pekebun tidak menganggap eukaliptus sebagai tanaman hias. Tanaman yang tumbuh cepat ini membuat pohon dalam ruangan yang cantik di tempat yang terang benderang. Tanaman ini menawarkan dedaunan biru-abu-abu dengan aroma yang berbeda saat Anda menggosoknya. Pangkas eukaliptus milikmu sesekali agar tetap penuh dan lebat.

Daffodil

Bunga berwarna kuning cerah ini biasanya tumbuh di awal musim semi. Bunga daffodil punya aroma manis menyerupai madu. Meski beraroma lembut, Anda perlu berhati-hati sebab di balik keindahan bunga ini, mengandung racun. Anda juga bisa mengambil beberapa tangkai daffodil dan letakkan dalam ruangan guna menciptakan wewangian alami dalam rumah. 

Citrus

Varietas jeruk, lemon dan buah jeruk lainnya dapat dijadikan tanaman hias yang baik, asalkan Anda memberinya cukup cahaya. Dengan begitu, mereka akan menghadiahi Anda aroma manis bunga mereka. Jika sabar, Anda bahkan bisa menikmati buahnya. Jika Anda menanam citrus dari biji, itu bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berbunga dan kemungkinan besar mereka akan memiliki duri yang tajam.

Mawar 

Mawar dikenal sebagai bunga yang cantik dengan aroma harum. Bunga ini memiliki aneka ragam aroma harum, seperti aroma harum klasik khas mawar, yang dapat ditemukan pada jenis Gertrude Jekyll. Kemudian, ada juga aroma harum seperti buah, yang dapat ditemukan pada jenis Snow Goose, dan aroma harum musky, seperti pada jenis Jude the Obscure.

Sweet pea

Tanaman bunga merambat ini memiliki aroma yang beragam, dengan varietas seperti Cupani yang paling klasik. Aroma sweet pea cukup kuat dan menyenangkan bagi halaman rumah Anda.

Bunga Terompet

Bunga terompet atau angel's trumpet adalah bunga yang beracun, namun aromanya sangat mengundang. Bunga ini hanya harum setelah matahari terbenam. Menggantung di dahan pohon, kuncup kuning bunga ini menggantung seperti terompet atau lonceng.