5 Alasan Mengapa Daun Tanaman Hias dalam Ruangan Bisa Menguning
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Daun yang menguning pada tanaman hias tentu bukan hal yang diinginkan pemilik tanaman. Kadang, ada yang sudah jelas penyebabnya sehingga kondisi bisa segera diperbaiki. Namun, ada saat dimana masalah daun yang menguning ini jadi misteri sehingga membutuhkan waktu mencari tahu penyebabnya. 

Baca terus artikel berikut guna mengetahui alasan mengapa daun tanaman bisa menguning dilansir dari The Spruce, Senin, 5 Februari.

Masalah kelembapan

Penyiraman berlebih atau kekurangan air adalah penyebab paling umum daun menguning. Untuk tanaman dalam pot, sebaiknya siram sebanyak yang dibutuhkan tanaman. Saat tanaman menguning, coba periksa tanah di dalam pot. Apakah kering? Atau terlalu basah?

Jika tidak menerima cukup air, tanaman akan menggugurkan daunnya guna mencegah transpirasi untuk menghemat air. Namun, sebelum rontok, daun biasanya menguning, terkadang di ujungnya, dan terkadang berbintik coklat. Jika tanah kering dan hal ini terjadi, usahakan menyiram tanaman secara teratur.

Terlalu banyak air juga bisa merusak daun. Jika tanah tidak memiliki drainase yang baik, kelebihan air akan menyebabkan tanah tergenang air dan sistem akar dapat tenggelam. Tanpa oksigen, akar bisa mati.

Normal aging

Seiring bertambahnya usia tanaman, daun bagian bawah akan menguning dan rontok. Ini hanyalah bagian normal dari pertumbuhan. Dalam hal ini, jangan khawatir. Jika tanaman menjadi terlalu panjang, pertimbangkan untuk memangkas batang utama untuk mendorong pertumbuhan baru.

Angin dingin

Angin dingin pada tanaman tropis sering kali menyebabkan daun menguning dan rontok. Hal ini berbeda dengan paparan suhu dingin yang intens dalam waktu singkat. Yang akan menyebabkan dedaunan menjadi kecoklatan atau muncul bintik-bintik pucat dan transparan di antara urat.

Jika tanaman Anda berada di dekat ventilasi AC di musim panas atau jendela berangin di musim dingin, pindahkan ke tempat yang tidak terlalu berangin. Tetap awasi demi melihat apakah daun kuning menyebar lebih jauh.

Kurang cahaya

Tanaman yang menerima terlalu sedikit cahaya seringkali akan mulai menguning pada daun bagian bawah sebelum daun tersebut rontok. Tanaman yang menguning karena kekurangan cahaya biasanya akan menguning pada sisi yang jauh dari sumber cahaya. Dedaunan di dekat jendela, misalnya, mendapatkan seluruh cahaya dan menghalangi sisi sebaliknya. 

Cara terbaik mengatasinya yaitu dengan mengubah posisi pot sekali seminggu, sehingga semua sisi bisa terkena cahaya. Atau bisa juga memindahkan tanaman ke lokasi yang lebih cerah agar akses tanaman ke cahaya lebih mudah. 

Kurang nutrisi

Daun tanaman juga bisa menguning jika tanaman tidak menerima semua nutrisi yang dibutuhkannya. Hal ini dapat disebabkan terlalu banyak kalsium di dalam air jika Anda menggunakan air sadah atau karena kekurangan nitrogen.

Jika ini masalahnya, daun bagian atas tanaman yang pertama menguning. Dalam kasus lain, ada pola menguning yang tidak biasa. Misalnya, vein tetap berwarna gelap sementara jaringan di antara vein tersebut menguning.

Nutrisi yang dibutuhkan tanaman bervariasi berdasarkan spesiesnya dan ada yang lebih pilih-pilih dibandingkan yang lain. Penting mencoba dan mendiagnosis masalahnya dengan benar, jika tidak kamu bisa saja malah membunuh tanaman. Membeli perlengkapan tanah kecil untuk pengujian tanah di rumah bisa jadi investasi bagus. Mampu menentukan kebutuhan tanaman secara akurat akan sangat membantu.