5 Jenis Tanaman Hias Berbunga yang Mudah Dirawat
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tanaman hias berbunga punya tujuan menambah keindahan dekorasi, menghadirkan warna, dan bahkan mungkin aroma pada hunian Anda. Meskipun rupanya tampak mewah, namun ada beberapa tanaman yang dapat bertahan hanya dengan perawatan dasar. Coba ceriakan rumah dengan lima tanaman hias berbunga berikut yang akan tumbuh subur meski minim perawatan, dilansir The Spruce, Kamis, 18 Januari.

Christmas Cactus (Schlumbergera x buckleyi)

Christmas cactus bisa tumbuh dengan kondisi minim perawatan. Bahkan, Anda tidak perlu mengatur paparan cahaya agar kuncup bunga bisa tumbuh. Ujung batang menghasilkan kelopak bunga dengan panjang berbeda dan palet warna corak merah jambu hingga merah.

Christmas cactus tumbuh subur jika diletakkan di dekat jendela. Jangan biarkan batangnya menyentuh jendela yang dingin karena tanaman dapat rusak karena cuaca dingin. Meski membutuhkan tanah yang memiliki drainase baik, tanaman ini juga membutuhkan kelembapan yang tinggi.

Kalanchoe (Kalanchoe blossfeldiana)

Banyak sukulen menjadi tanaman hias mudah dirawat, tetapi hanya sedikit yang terlihat seindah kalanchoe saat mekar. Seperti halnya sukulen lain, kalanchoe tidak menyukai tanah basah. Tanaman harus tetap lembab di musim semi hingga musim gugur, tetapi kurangi penyiraman di musim dingin. Kalanchoe adalah tanaman asli daerah tropis dan meskipun merupakan tanaman berbunga yang indah, sulit untuk membuatnya mekar kembali di luar wilayah aslinya.

Peace Lily

Peace lily juga tergolong tanaman yang minim perawatan. Tanaman ini tidak memerlukan banyak cahaya langsung dan dapat mengatasi penyiraman berlebih atau kurang sesekali. Peace lily punya warna daun hijau tua dan mengkilap diimbangi dengan spathe putih atau bracts yang menutupi gugusan bunga kecil dan terlihat hampir seperti daun beraneka ragam. Bunganya beraroma ringan. Tanaman ini akan berbunga bahkan di rumah yang paling teduh sekalipun. 

Begonia

Agar mekar dengan baik, begonia memerlukan lokasi yang terang. Namun jangan letakkan terlalu dekat dengan jendela karena dapat rusak oleh angin. Anda bisa memilih varietas rex begonia karena punya warna pink yang cantik. Selain rex begonia, carilah begonia yang berakar serabut seperti varietas berdaun lilin, sayap malaikat, dan berdaun berbulu.

Bromeliad

Spesies bromeliad dapat berupa terestrial (tumbuh di tanah) atau epifit (menempel pada pohon dan menyerap nutrisi melalui daunnya). Ketika ditanam sebagai tanaman hias, kedua jenis tersebut ditanam dalam campuran pot yang berpori dan memiliki drainase yang baik.

Sebagai pedoman umum, bromeliad akan tumbuh subur dalam kondisi yang sama seperti anggrek epifit. Namun, mereka jauh lebih toleran daripada anggrek terhadap fluktuasi suhu, kekeringan, dan pemberian makan yang sembarangan. Bromeliad adalah tanaman yang tumbuh relatif lambat yang membutuhkan satu hingga tiga tahun untuk matang menjadi tanaman berbunga.