Bagikan:

JAKARTA - Minyak zaitun telah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Kaya akan nutrisi dan senyawa aktif, minyak zaitun tidak hanya menjadi bumbu dapur yang populer, tetapi juga menjadi bagian penting dalam pola makan sehat.

Meski banyak mengandung lemak, tetapi lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3, dan omega 6. Minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol.

Meski begitu, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minyak zaitun, pilihlah minyak zaitun extra virgin yang belum melalui proses pemurnian. Minyak ini mengandung lebih banyak antioksidan dan nutrisi daripada minyak zaitun olahan.

Ada berbagai macam jenis yang menentukan kualitas dari minyak zaitun sendiri. Beberapa jenis minyak zaitun yaitu extra virgin olive oil, virgin olive oil, ordinary virgin olive oil, olive pomace oil, dan lampante oil. Kualitas minyak zaitun yang terbaik adalah extra virgin olive oil. Berikut adalah beberapa manfaat minyak zaitun yang wajib Anda ketahui.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Minyak zaitun, terutama jenis extra virgin, kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Mendukung Fungsi Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak sehat dalam minyak zaitun dapat membantu menjaga fungsi otak dan mengurangi risiko penurunan kognitif. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif, yang dapat memperlambat proses penuaan otak.

Membantu Pencernaan

Minyak zaitun dapat berfungsi sebagai pelumas alami untuk sistem pencernaan dan membantu mempermudah pergerakan makanan melalui saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, minyak zaitun memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan melawan bakteri berbahaya.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Minyak zaitun kaya akan vitamin E, yang merupakan antioksidan kuat yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menstabilkan Kadar Gula Darah

Minyak zaitun dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 atau mereka yang berisiko terkena diabetes.