Golongan Darah Langka yang Ada di Dunia: Saking Jarangnya 1 Banding 6 Juta Manusia Loh!
Golongan Darah Langka (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apa yang biasanya terlintas di benak Anda ketika memikirkan arti "langka"? Mungkin sesuatu yang tidak biasa atau istimewa, seperti hadiah langka, kesempatan langka, atau permata langka. Definisi kamus lain dari "langka" termasuk "jarang terjadi, langka, unik, luar biasa." Golongan darah langka misalnya....

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “golongan darah paling langka” dan bertanya-tanya apa artinya sebenarnya. Lagi pula, bagaimana bisa suatu golongan darah menjadi langka, dan apa sebenarnya golongan darah yang paling langka, jika memang ada?

Ketika berbicara tentang cairan penopang kehidupan yang mengalir melalui pembuluh darah Anda, ya, ada jenis darah yang langka, dan semua definisi di atas berlaku. Ada sebagian kecil dari populasi yang unik karena mereka memiliki golongan darah yang tidak dimiliki banyak orang lain.

Golongan Darah Langka

Pengambilan sample darah (Unsplash)
Pengambilan sample darah (Unsplash)

Menurut beberapa sumber dari Amerika Serikat, golongan darah paling langka dalam populasi donor darah AS adalah AB-negatif, mencatat sebagai golongan darah hanya 1% dari populasi. B-negatif hanya 2 persen dari populasi kita, diikuti oleh AB-positif sebesar 4%. Distribusi total golongan darah di AS adalah sebagai berikut:

AB-negatif – 1%

B-negatif – 2%

AB-positif – 4%

A-negatif – 6%

O-negatif – 7%

B-positif – 11%

A-positif – 32%

O-positif – 40%

Rhnull atau "darah emas"

Rhnull adalah golongan darah langka yang tidak mengandung antigen Rh dalam sel darah merah. Juga dijuluki "darah emas" karena kelangkaannya yang ekstrem, hanya 1 dari setiap 6 juta orang yang dianggap memiliki fenotipe ini.

Ketika para ilmuwan terus mempelajari lebih lanjut tentang fenotipe Rhnull, penting untuk memberi tahu dokter Anda bahwa Anda memiliki jenis darah ini jika Anda membutuhkan transfusi. Karena kelangkaan darah emas, ada sekelompok kecil donor reguler di seluruh dunia.

Orang dengan fenotipe darah Rhnull mungkin juga berisiko terkena anemia hemolitik kronis, yang menyebabkan tubuh Anda menghancurkan sel darah merah yang belum matang.

Mengapa golongan darah penting?

Sistem kekebalan tubuh Anda secara alami mengandung zat pelindung yang disebut antibodi. Ini membantu melawan benda asing yang tidak dikenali oleh sistem kekebalan Anda. Biasanya, mereka menyerang virus dan bakteri. Tetapi antibodi juga dapat menyerang antigen yang tidak ada dalam golongan darah alami Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki darah tipe B yang bercampur dengan darah tipe A selama transfusi, antibodi Anda akan menghancurkan sel darah dengan antigen A. Ini bisa berakibat fatal, itulah sebabnya pusat medis di seluruh dunia memiliki prosedur ketat untuk mencegah hal ini terjadi.

Untuk menambah kerumitan, golongan darah tidak selalu harus sama persis agar kompatibel. Misalnya, darah AB memiliki antigen A dan B, sehingga seseorang dengan golongan darah ini dapat menerima darah tipe A atau B.

Setiap orang dapat menerima golongan darah O karena tidak mengandung antigen apapun. Inilah sebabnya mengapa orang dengan golongan darah O dianggap sebagai “donor universal.” Tetapi orang dengan golongan darah O hanya dapat menerima golongan darah O.

Dalam hal faktor Rh, orang dengan darah Rh-positif dapat menerima darah Rh-positif atau Rh-negatif, sedangkan orang dengan darah Rh-negatif hanya dapat menerima darah Rh-negatif.

Dalam beberapa kasus, seseorang dengan darah Rh-negatif dapat membawa anak dengan darah Rh-positif, mengakibatkan kondisi berbahaya yang disebut ketidakcocokan Rh.

Cara mengetahui golongan darah apa yang Anda miliki

Cara terbaik untuk mengetahui golongan darah apa yang Anda miliki adalah dengan memberikan sampel darah. Anda dapat meminta profesional kesehatan Anda untuk memeriksa golongan darah Anda selama tes darah rutin, atau Anda dapat mengetahui informasi ini saat mendonorkan darah. Bahkan ada alat tes di rumah yang bisa Anda beli.

Bukan hal yang aneh jika Anda tidak mengetahui golongan darah Anda. Tetapi informasi penting ini penting untuk diketahui dalam keadaan darurat, seperti kebutuhan akan transfusi darah.

Jadi setelah mengetahui golongan darah langka, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!