Mengenal Golongan Darah Paling Langka di Dunia, Ciri-ciri Orang Berdarah Emas
Ilustrasi golongan darah langka (Freepik/Rawpixel)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Golongan darah secara umum dikenal ada empat jenis, yakni A, B, AB, atau O. Gelolngan darah tersebut masing-masing kemudian diikuti kategori negatif dan positif. Selain keempat itu, ternyata ada istilah golongan darah emas. Golongan darah ini disebut sebagai golongan darah langka. 

Golongan darah emas merupakan golongan darah paling langka di dunia. Bahkan hanya kurang dari 50 orang yang memiliki golongan darah ini. Golongan darah emas disebut juga dengan Rh-null atau golongan darah yang tidak mengandung antigen Rh (protein) pada sel darah merah (RBC).

Lalu seperti apa itu golongan darah emas, bagaimana ciri-ciri dan perbedaannya dengan golongan darah yang lain?

Golongan Darah Langka di Dunia

Selama ini kita mengenal golongan darah langka adalah AB. Namun ternyata golongan darah emas menjadi yang paling langka di dunia. Golongan darah emas pertama kali diidentifikasi pada seorang wanita aborigin di Australia. 

Orang bergolongan darah emas sulit menerima transfusi darah karena tidak memiliki antigen Rh. Pemilik golongan darah ini biasanya selalu berjejaring dengan pemilik darah Rh-null lainnya, untuk menjamin ketersediaan darah ketika kelak dibutuhkan. Pemilik golongan ini hanya bisa meneripa transfusi tipe darah yang sama. 

Ciri-ciri Pemilik Golongan Darah Emas

Sebuah penelitian menyebutkan golongan darah emas merupakan hasil mutasi genetik (perubahan spontan pada gen). Kondisi ini biasanya terlihat dengan mutasi pada gen RHAG, yang mengkode glikoprotein terkait RH.

Orang yang memiliki golongan darah emas mempunyai kerentanan kesehatan pada penyakit tertentu. Mutasi RHAG kerap dikaitkan dengan penyakit stomatositosis herediter atau kelainan darah yang diturunkan dari faktor genetik. Pemilk darah emas dapat mengidap penyakit anemia hemolitik jangka panjang, ringan, dan peningkatan kerusakan sel darah merah. 

Pemilik golongan darah emas juga berkemungkinan memiliki anemia hemolitik ringan hingga sedang sejak lahir. Kondisi ini menyebabkan orang Rh-null mudah kelelahan dan pucat karena kadar hemoglobin rendah. Selain itu, kondisi kesehatan lain yang bisa menimpa di antaranya sel darah merah abnormal, selaput bocor, hingga rentang hidup yang pendek. 

Penyebab Golongan Darah Emas

Golonga darah langka yang disebut sebagai golongan darah emas bisa disebabkan karena beberapa faktor. Ada orang-orang yang beresiko tinggi memiliki darah emas. Pertama, karena perkawinan sedarah. Kedua, karena gen autosomal (gen abnormal yang diturunakn secara genetik). Ketiga, perubahan atau penghapusan lengkap gen tertentu (yaitu RHD dan RHCE atau RHAG).

Pemilik golongan darah emas mempunyai kekhawatiran lebih dibanding golongan darah umum. Sumbangan Rh-null pada darah emas sangat sulit diperoleh atau langka. Jika mereka menerima darah yang memiliki antigen Rh, maka dapat menyebabkan reaksi transfusi. 

Namun di sisi lain, golongan darah ini bisa menyumbang kepada siapa saja yang memiliki golongan darah langka dalam sistem Rh.

itulah jenis golongan darah langka di dunia yang selama ini tidak banyak diketahui orang. Kondisi-kondisi kelangkaan yang dimiliki darah ini lah yang membuatnya disebut golongan darah emas. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.