Apa Ciri-ciri Orang Hamil Tanpa Mual di Periode Awal? Ini Daftar Lengkapnya
Ilustrasi ciri ibu hamil (Juan Encalada/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ciri-ciri orang hamil tanpa mual juga harus diketahui oleh calon ibu dan suami. Pasalnya, tak semua kehamilan disertai dengan rasa mual atau muntah. Meski kebanyakan ibu hamil mengalami rasa mual di awal kehamilan, namun kondisi tersebut tak dirasakan oleh semua wanita.

Mual dan muntah pada ibu hamil biasa disebut dengan morning sickness. Kondisi tersebut bisa terjadi setiap saat dan biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan. Namun tak semua kehamilan disertai dengan morning sickness.

Ciri-ciri Orang Hamil Tanpa Mual

Banyak juga wanita hamil tapi tidak merasakan apa-apa. Hal itu berujung pada terlambatnya pendeteksian kehamilan. Yang harus disadari adalah bahwa mual dan muntag bukan tanda mutlak kehamilan terjadi. Lalu, apa saja ciri wanita hamil tanpa mual?

  1. Mood Mudah Berubah

Jika mual dan muntah tak terjadi di trimester pertama kehamilan, ada ciri lain yang bisa dilihat yakni perubahan mood secara drastis. Hal itu terjadi karena kondisi hormon progesteron dan estrogen yang berpengaruh pada sel syarat di otak lalu berdampak pada perubahan suasana hati ibu hamil.

  1. Hidung Sedikit Bengkak dan Mudah Berdarah

Jika tak terjadi mual dan muntah, namun terjadi pembengkakan hidung dan mudah mimisan, cobalah untuk mendatangi dokter kandungan. Pasalnya kondisi tersebut merupakan ciri kehamilan. Pasalnya hidung yang mudah mimisan adalah salah satu ciri kehamilan yang bisa dilihat meski taka da morning sickness. Hal itu terjadi karena peribahan hormone dalam tubuh ibu hamil sehingga menyebabkan hidung bengkak, dan berdarah karena kering.

  1. Sensitif Terhadap Bau

Jika pasangan mengalami peningkatan sensifitifitas terhadap bau, bisa jadi hal tersebut tanda kehamilan. Peningkatan kepekaan terhadap bau-bauan sekitar biasanya juga berdampak pada rasa mual, namun kondisi tersebut tidak mutlak terjadi.

  1. Mengencangnya Payudara

Kondisi ini kerap terjadi pada wanita yang mengalami kehamilan. Payudara akan lebih padat, kencang, bahkan sensitive. Pengencangan payudara biasanya terjadi di minggu awal kehamilan.

  1. Munculnya Sensasi Logam di Mulut

Meski pasangan tak mengalami morning sickness, namun timbul sensasi rasa logam di mulut, ada kemungkinan terjadi kehamilan. Sensasi ini kemudian mempengaruhi nafsu makan pada ibu hamil.

  1. Munculnya Flek di Vagina

Ciri orang hamil tanpa mual lainnya adalah munculnya flek darah dari vagina. Flek ini berbeda dengan darah menstruasi. Bedanya, flek yang disebut dengan implantasi ini warnanya biasanya cokelat atau merah muda. Kemunculan flek ini biasanya disertai dengan kram perut yang juga menimbulkan rasa sakit. Hal ini normal terjadi pada ibu hamil.

  1. Gampang Lelah

Kelelahan lebih sering terjadi pada ibu hamil meski tak terjadi morning sickness. Kelelahan yang terjadi pada ibu hamil biasanya terjadi karena peningkatan hormon progesteron pada ibu hamil. Mudahnya rasa lelah ini diikuti oleh mood swing yang mudah terjadi.

  1. Ngidam

Meski tak semua ibu hamil mengalami “ngidam”, perasaan ini kadang muncul pada ibu hamil. Ngidam sering dikaitkan dengan permintaan unik dari ibu hamil. Permintaan bisa beragam seperti menginginkan makanan tertentu atau perilaku tertentu. Hal ini berhubungan dengan naik-turunnya mood ibu hamil.

 Kehamilan yang terjadi tanpa mual namun disertai dengan rasa ngidam bisa jadi salah satu tanda kehamilan.

Itulan informasi terkait ciri-ciri orang hamil tanpa mual. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.