Mengenal 5 Jenis Bunga Lavender, Pernah Lihat yang Mana?
Ilustrasi (Kien Yu/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sering jadi pilihan tanaman pengusir serangga di rumah, ini dia daftar jenis bunga lavender yang ada di pasaran. Ternyata bentuk bunganya juga beragam. Lavender sebenarnya bukan tumbuhan yang berasal dari Indonesia. Habitat asli tanaman ini adalah kawasan Kepulauan Canaria, Afrika, Eropa, dan Arab. 

Namun, dia bisa tumbuh dengan di luar habitatnya selama Anda merawatnya dengan baik. Tertarik untuk menanam lavender di rumah? Sebelumnya, kenali dahulu berbagai jenis bunga lavender berikut ini, melansir Southern Living, Kamis, 20 Oktober.

Lavender Inggris (Lavandula angustifolia)

Bunga lavender satu ini berasal dari kawasan Mediterania seperti Italia, Prancis, dan Kroasia. Lavender Inggris tidak bisa tumbuh di daerah dengan tinggi kelembapan. Tanaman satu ini cocok dibudidayakan di daerah tropis karena dia menyukai cuaca panas, kering, dan banyak sinar matahari.

Lavender 'Grosso' (Lavandula × intermedia 'Grosso')

Lavender Grosso disenangi karena memiliki bentuk seperti paku dan warna ungunya yang lebih muda dan terang dibandingkan warna Lavender pada umumnya. Saking terangnya, daun lavender sekilas tampak berwarna silver. Lavender Grosso dapat tumbuh menyebar dengan cepat. Berbeda dengan jenis Inggris, Grosso memiliki kemampuan bertahan di cuaca dingin dan panas. Aromanya yang sedap juga membuat bunga satu ini banyak penggemarnya.

Lavender Spanyol (Lavandula stoechas)

Lavender Spanyol punya tekstur lebih kokoh dibanding jenis Lavender lainnya. Tanaman dengan daun berwarna hijau keabu-abuan ini memiliki aroma wangi menenangkan dan juga tahan kekeringan. Lavender Spanyol tumbuh subur di daerah beriklim panas dan sejuk. Sinar matahari penuh dan drainase baik adalah kunci lavender Spanyol tumbuh sehat dan lebat.

Lavender 'Phenomenal' (Lavandula x intermedia 'Phenomenal')

Menurut The Grumpy Gardener, lavender ini mampu tumbuh dengan baik di kawasan Florida yang panas dan lembab. Yang mana tak ada jenis lavender lain yang berhasil tumbuh di kawasan tersebut. Tumbuhan ini punya tinggi 60 hingga 90 cm dan lebar 60 hingga 90 cm, dengan dedaunan hijau keperakan. Lavender Phenomenal perlu diberi sinar matahari penuh dan drainase yang baik.

Provence Lavender (Lavandula x intermedia 'Provence')

Tanaman dengan nama latin Lavandula Intermedia Provence ini berasal dari area Canaries dan Madeira. Bagian tangkai tanaman bentuknya bercabang dengan warna keunguan, mirip seperti kelopak bunganya. Sementara daunnya memiliki warna abu-abu, agak kontras dengan nuansa tanaman keseluruhan. Sebagai catatan, bunga ini biasanya tumbuh di musim panas.