7 Tanaman yang Menebar Aroma Wangi pada Malam Hari
Ilustrasi (Mumemories/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagian orang sudah cukup familiar dengan beberapa bunga berbau harum seperti melati, lavender dan sedap malam. Namun apakah Anda tahu beberapa jenis bunga berikut ini hanya mengeluarkan aroma harum yang kuat saat malam hari.  

Tanaman bunga dengan bau harum di malam hari ini biasa ditanam di area taman, dimana Anda sering bersantai bersama keluarga di malam hari sambil melihat bintang. Melansir The Spruce, Jumat, 2 September, tanaman bunga biasanya mengandalkan serangga, burung, atau angin pada siang hari untuk penyerbukan.

Namun, berbeda dengan bunga lainnya, bunga ini mengandalkan aromanya untuk menarik serangga dan kelelawar yang terbang pada malam hari untuk penyerbukan. Berikut beberapa tanaman bunga mengeluarkan aroma wangi pada malam hari.

Bunga Terompet

Bunga asli Amerika Selatan ini punya bentuk menyerupai terompet berwarna putih, merah muda, dan kuning. Tanaman ini dapat Anda tanam di pot kecil dan diletakkan di luar atau dalam ruangan. Aroma bunga terompet akan tercium di malam hari. Satu-satunya bunga terompet yang tidak beraroma adalah B. sanguinea, yang memiliki bunga berwarna merah jingga.

Bunga Lily Casa Blanca

Bunga yang disebut Lily Asia ini punya waktu mekar antara bulan Agustus dan September. Tanaman ini akan terlihat cantik jika ditanam dalam kelompok berisi 3-5 umbi. Saat malam hari, bunga yang memiliki kelopak putih besar ini akan mengeluarkan aroma manis yang menenangkan.

Bunga Evening Primrose

Berasal dari barat Amerika Serikat, tanaman satu ini menarik serangga yang terbang di malam hari dengan aroma bunganya. Seperti namanya, evening primrose hanya mekar saat senja atau hari mendung. Kembang putih hingga merah muda tumbuh sangat lebat di musim semi hingga musim gugur. Evening Primrose adalah tanaman yang tahan kondisi kering, dapat tumbuh di daerah berbatu, dan menyukai sinar matahari.

Bunga Pukul 4

Berasal dari Peru, benih tanaman ini dikirim ke Eropa oleh penjelajah Spanyol pada tahun 1500-an. Bunga yang tumbuh mencapai ketinggian tiga hingga empat kaki ini disenangi karena punya banyak variasi warna. Seperti kuning, merah, merah muda, dan putih. Bunga Pukul 4 mekar dan harus saat pukul empat sore hingga dini hari.

Bunga Gardenia

Berasal dari Jepang, Cina, dan Taiwan, tanaman ini terkenal karena daunnya yang hijau cerah dan mengkilap serta bunga putih tunggal atau ganda yang beraroma kuat. Anda bisa menanam bunga gardenia di tanah kering dengan banyak amandemen organik dan beri ruang untuk akarnya menyebar.

Bunga Melati

Bunga Melati punya aroma wangi yang kuat. Tanaman ini dapat tumbuh merambat ydengan cepat jika diberi tanah yang baik dan sinar matahari yang teratur. Bunganya berwarna putih, kuning, dan merah muda. J. sambac Melati Arab 'Grand Duke' menghasilkan bunga ganda yang digunakan untuk leis di Hawaii dan untuk membuat parfum. Di Asia, spesies ini digunakan untuk membuat teh melati.

Bunga Kemboja

Tanaman asli Amerika ini tumbuh sebagai semak atau pohon kecil di iklim yang lebih hangat. Maka tak heran, bunga ini banyak dijumpai di Indonesia karena iklimnya sesuai untuk pertumbuhan Bunga Kemboja. Warna bunga bervariasi dari putih, kuning, dan merah muda. Bunga beraroma manis ini biasanya mekar pada bulan Februari hingga September.