Bagikan:

YOGYAKARTA – Menyenangkan apabila kebun kecil di depan rumah menghasilkan bahan makanan dan minuman yang menyehatkan. Salah satu tanaman yang menarik untuk ditanam di rumah ialah jeruk. Melansir laman University of Texas, bunga jeruk bisa bermanfaat untuk kesehatan apabila diseduh menjadi teh.

Tanaman jeruk dengan nama sains Citrus spp, membutuhkan perawatan khusus agar bunganya berkembang menjadi buah. Tetapi, bunganya pun bisa dinikmati dengan cara yang unik. Dengan menyeduh bunga jeruk menggunakan air panas, maka kandungan baiknya dapat terserap tubuh.

Teh bunga jeruk merupakan herbal yang aman untuk dikonsumsi. Ketika diseduh, rasanya sedikit pahit dan samar-samar terasa manis. Berdasarkan studi ilmiah, minum teh bunga jeruk bisa mengatasi insomnia, kecemasan, dan sebagai anti inflamasi.

Bunga jeruk memiliki aroma yang sangat menyegarkan. Ketika disuling, dilansir Mind Body Food, Rabu, 24 Agustus, bisa digunakan sebagai wewangian bebas alkohol. Seperti kebiasaan wanita Prancis yang mengoleskan beberapa tetes wewangian bunga jeruk di belakang daun telinga dan pergelangan tangan.

manfaat bunga jeruk
Ilustrasi manfaat dan khasiat bunga jeruk (Pexels/Wendy Aros-Routman)

Selain itu, bunga jeruk juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional di Prancis. Ditambah lagi, air bunga jeruk dipakai sebagai toner penghapus makeup atau diaplikasikan pada pagi hari setelah bangun tidur.

Manfaat lainnya, air bunga jeruk bermanfaat untuk kuku. Air bunga buah sitrus ini dapat mendorong pertumbuhan kuku dan menjaganya tetap bersih. Belum lagi manfaatnya untuk menjaga rambut tetap kuat dan berkilau. Ditambah berkhasiat menyegarkan aroma ketiak jika dioleskan sebagai deodoran alami.

Untuk mengatasi stres dan cemas yang menyebabkan insomnia, Anda bisa menyeduh dua sendok makan air bunga jeruk ke dalam segelas air. Ini dapat menenangkan pikiran. Selain juga dapat meringankan sakit kepala dan juga nyeri haid.

Sebuah penelitian bidang keperawatan yang dilakukan tahun 2021 dan dipublikasikan dalam Complementary Medicine Journal, menemukan bahwa membaui minyak esensial dari bunga jeruk merupakan metode aromaterapi untuk mengelola kecemasan pada pasien dewasa tua.

Bunga jeruk yang diekstraksi, atau dikenal dengan citrus auratium, mengandung kalium, natrium, asam nutrat, dan asam sitrat. Ketika minum teh bunga jeruk, dilansir Body Carre, direkomendasikan tidak boleh melebihi 3 tetes air bunga jeruk sebanyak tiga kali sehari. Paling aman, minum sekali sehari saja dengan campuran madu atau buah-buahan seperti leci. Agar tak berisiko membuat sakit perut, minumlah setelah makan.