Bagikan:

YOGYAKARTA - Nyamuk bukan hanya sekadar serangga pengganggu, tetapi juga menjadi sumber penularan berbagai penyakit berbahaya seperti demam berdarah, malaria, dan Zika. Lantas apakah ada cara mengusir nyamuk di kamar yang efektif?

Untuk melindungi diri dan keluarga dari ancaman penyakit yang dibawa nyamuk, mari kita bersama-sama belajar cara mengusirnya dari lingkungan sekitar, terutama di dalam kamar.

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar

Dilansir dari Healthline, berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir nyamuk di rumah:

  • Minyak Eucalyptus Lemon

Sejak tahun 1940-an, minyak eucalyptus lemon dikenal sebagai salah satu solusi alami yang paling efektif untuk mengusir serangga. Bahkan, pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengakui minyak ini sebagai komponen yang efektif dalam produk pengusir nyamuk.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa campuran 32 persen minyak eucalyptus lemon dapat memberikan perlindungan lebih dari 95 persen terhadap nyamuk selama tiga jam.

Anda dapat membuat campuran sendiri dengan mencampurkan 1 bagian minyak eucalyptus lemon dengan 10 bagian minyak bunga matahari atau witch hazel. Namun peneliti dari University of Florida memperingatkan agar campuran ini tidak digunakan pada anak-anak di bawah usia tiga tahun.

  • Lavender

Bunga lavender yang dihancurkan dapat menghasilkan aroma yang menyenangkan dan minyak alami yang dapat mengusir nyamuk. Sebuah studi pada tahun 2002 yang dilakukan pada tikus tanpa bulu menunjukkan bahwa minyak lavender efektif dalam mengusir nyamuk dewasa.

Lavender memiliki sifat analgesik, antijamur, dan antiseptik. Ini berarti, selain menghalau gigitan nyamuk, lavender juga bagus untuk kulit.

Anda dapat menanam lavender di kebun atau dalam pot di dalam rumah. Tumbuh bunganya dan oleskan minyak ke area yang rentan terhadap gigitan, seperti pergelangan kaki dan lengan. Anda juga bisa meneteskan beberapa minyak lavender ke kain bersih dan menggosokkannya ke kulit.

Baca juga artikel yang membahas: Mengenal 5 Jenis Bunga Lavender, Pernah Lihat yang Mana?

Bunga lavender efektif mengusir nyamuk (freepik)
  • Minyak Kayu Manis

Kayu manis tidak hanya lezat sebagai tambahan untuk hidangan, tetapi juga memiliki manfaat sebagai pengusir serangga. Menurut penelitian di Taiwan, minyak kayu manis mampu membunuh jentik nyamuk dan juga efektif dalam mengusir nyamuk dewasa, terutama spesies Aedes.

Untuk membuat larutan 1 persen, campurkan 1/4 sendok teh (atau 24 tetes) minyak dengan 4 ons air. Anda bisa menyemprotkan campuran ini ke kulit atau pakaian, serta di sekitar rumah dan pada tanaman.

Meskipun demikian, hati-hati saat menggunakan minyak kayu manis, karena konsentrasi tinggi bisa menyebabkan iritasi kulit.

  • Minyak Thyme

Dalam hal mengusir nyamuk malaria, minyak thyme termasuk yang paling efektif. Sebuah penelitian pada tahun 2002 menunjukkan bahwa 5 persen minyak thyme yang dioleskan pada kulit tikus tanpa bulu dapat memberikan perlindungan hingga 91 persen.

Anda juga bisa menambahkan daun thyme ke dalam api unggun, karena penelitian menunjukkan bahwa membakar daun ini dapat memberikan perlindungan sekitar 85 persen selama 60 hingga 90 menit.

Untuk campuran sendiri, gunakan 4 tetes minyak thyme untuk setiap sendok teh minyak dasar seperti minyak zaitun atau jojoba. Untuk semprotan, campurkan 5 tetes minyak thyme dengan 2 ons air.

  • Minyak Kedelai

Menurut Laboratorium Entomologi Medis di University of Florida, produk berbasis kedelai seperti Bite Block Kids (yang mengandung 2 persen minyak kedelai) dapat memberikan perlindungan jangka panjang terhadap nyamuk.

Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak serai ke dalam campuran ini, karena kombinasi keduanya telah terbukti efektif melindungi dari berbagai jenis nyamuk.

Selain cara mengusir nyamuk di kamar, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!