9 Tips Mengusir Tikus di Rumah dengan Bahan Alami, Nggak Perlu Diracun!
Ilustrasi tikus (Foto: Pixabay/Ralphs_Fotos)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tikus merupakan hewan pengerat yang kerap bersliweran di bagian-bagian rumah yang kotor. Ukuran tubuhnya yang kecil, membuat tikus bisa melewati celah yang sempit. Keberadaan tikus bisa menimbulkan berbagai masalah, seperti pencemaran makanan hingga penyebaran penyakit. Untuk mencegah hal tersebut, perhatikan tips mengusir tikus di rumah berikut ini.

Tips Mengusir Tikus di Rumah

Mengusir tikus di rumah ternyata bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. Anda tak perlu menggunakan racun untuk membasmi tikus.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah tips mengusir tikus di rumah dengan bahan-bahan alami:

  1. Gunakan bawang bombay

Selain digunakan sebagai bahan masakan, bawang bombay juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Aroma menyengat dari bawang bombay tidak disukai tikus.

Tips mengusir tikus dari rumah dengan bawang bombay yakni dengan menempatkan irisan bawang bombay di luar lubang tikus. Bila bawang membusuk, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

  1. Gunakan lada

Cara mengusir tikus di rumah juga bisa dilakukan dengan lada. Tikus tidak menyukai bau lada hitam yang tajam dan tidak sedap. Selain itu, kandungan kimia lada juga bisa mengiritasi tikus.

Untuk mengusir tikus di rumah, Anda bisa menggiling kasar lada lalu menebarkannya ke area yang menjadi sarang tikus.

  1. Gunakan bawang merah dan putih

Menempatkan irisan bawang merah dan bawang putih di luar lubang tikus juga bisa membuat tikus pergi dan menolak untuk datang kembali.

  1. Menyemportkan larutan cabai

Cara mengusir tikus di rumah yang berikutnya adalah menyemprotkan larutan cabai ke tempat-tempat yang sering dikunjungi tikus.

Cara membuat larutan cabai cukup mudah. Anda bisa menggunakan cabai rawit secukupnya, lalu rebus dengan 1 atau 2 liter air.

  1. Manfaatkan adonan soda kue

Adonan soda kue dapat dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Reaksi tikus ketika mengonsumsi soda kue akan merasa tertekan. Hal ini karena gas yang memenuhi lambung tikus, sehingga tikus menjadi tidak tenang.

  1. Gunakan kapur barus

Kapur barus mengandung racun yang dapat menyiksa hewan pengerat. Anda dapat menyimpan kapur barus di loteng, dapur atau tempat lain di mana tikus bersarang. Cara ini cukup efektif untuk mengusir tikus di rumah.

  1. Gunakan minyak essensial

Minyak esensial yang beraroma kuat, seperti peppermint dan cengkeh bisa digunakan untuk mengusir tikus.

Caranya yakni dengan merendam bola kapas dalam minyak esensial dan letakkan di area yang kerap didatangi tikus, seperti lemari. Penggunaan minyak esensial perlu dibarengi dengan cara lainnya agar tikus dapat benar-benar pergi dari rumah.

  1. Semprotkan minyak kayu putih

Aroma yang dihasilkan minyak kayu putih ternyata tidak disukai tikus. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan laturan ini untuk mengusir tikus dari rumah.

Untuk mengusir tikus, gunakan larutan minya kayu putih dengan konsentrasi 5 persen, lalu semprotkan ke area-area yang menjadi sarang tikus.

  1. Gunakan cuka apel

Tikus adalah hewan pengerat dengan indra penciuman yang kuat. Anda dapat mengusir hewan ini dengan bahan yang memiliki bau, seperti cuka apel

Tips mengusir tikus dengan cuka apel yaitu memasukkan campuran cuka apel dan air ke botol semprot. Kemudian, semprotkan cairan ke sekeliling rumah.

Demikian informasi tentang cara mengusir tikus di rumah dengan bahan alami. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.