Tak Butuh Perangkap, Ini 5 Jenis Tanaman Pengusir Tikus di Rumah
Ilustrasi (Alleksana/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Munculnya tikus di rumah tentu sangat meresahkan. Tidak hanya membawa penyakit, rumah jadi terkesan kotor dan tidak higienis. Tapi kalau Anda tidak cukup berani menggunakan perangkap seperti lem atau racun tikus, mungkin Anda bisa menggunakan tanaman yang bisa mengusir tikus. 

Untuk mengetahui jenis tanaman pengusir tikus apa saja yang bisa Anda manfaatkan, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Tanaman Sage

Tikus sangat membenci tanaman sage lantaran tanaman ini punya bau yang sangat menyekat di indra penciuman tikus. Anda bisa memilih tanaman sage berwarna putih atau hijau karena keduanya punya fungsi sama. Tanaman pengusir tikus ini dapat di tanam di segala jenis media tanam.

Tanaman Bawang

Tanaman umbi-umbian seperti tanaman bawang juga bisa Anda manfaatkan sebagai tanaman pengusir tikus. Pastikan untuk menanamnya di area tanah yang kering dan terkena sinar matahari langsung. Tidak hanya dipakai mengusir tikus, bawang merah juga bisa mengusir tokek dan cicak.

Pohon Sirsak

Bagian pohon sirsak yang bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus adalah daunnya. Daun sirsak punya aroma menyengat yang tikus tidak suka. Anda bisa menyobek beberapa daun sirsak lalu sebarkan di beberapa bagian rumah untuk mengusir tikus.

Tanaman Lavender

Jika yang Anda tahu lavender hanya bisa mengusir nyamuk, rupanya lavender juga berfungsi menghalau kutu dan tikus. Wangi dan warna bunga lavender memang menarik manusia, sayangnya tikus dan nyamuk sangat tidak suka dengan wangi lavender. Anda hanya perlu memotong bagian tangkai lavender dan menyimpannya di beberapa sudut rumah.

Tanaman Bintaro

Terakhir, Anda bisa mengusir tikus dengan pohon bintaro. Buah bintaro punya aroma racun yang sangat kuat. Aroma ini sangat efektif membuat tikus enggan singgah ke rumah Anda.