7 Tanaman yang Wanginya Semerbak dan Bisa Ditanam Dalam Ruangan
Ilustrasi tanaman wangi dalam ruangan (Freepik/Jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tanaman dengan wangi semerbak, tidak hanya menghias ruangan secara estetik tetapi juga membuat nyaman karena aromanya. Tanaman ini juga memiliki daya adaptasi yang baik, karena bisa diletakkan di luar maupun di dalam ruangan. Beberapa juga dipakai untuk garnish atau penyedap rasa masakan. Apa saja tanaman yang wangi dan bisa ditanam dalam ruangan, berikut ini daftarnya.

1. Lavender

Lavender populer karena aromanya membuat rileks. Tanaman lavender atau lavendula, tidak memerlukan banyak perawatan. Tetapi mereka membutuhkan sinar matahari untuk tetap tumbuh. Paling tidak jika diletakkan dalam ruangan, tanaman ini terkena sinar matahari selama 3-4 jam sehari. Baiknya lagi, hanya perlu disiram saat tanahnya kering. Tetapi pastikan hewan peliharaan kesayangan tidak bisa mengaksesnya ya, karena bersifat racun bagi kucing dan anjing.

2. Melati

Tentu Anda mengenal akrab jenis tanaman yang wanginya semerbak ini. Melati memiliki sekitar 200 spesies semak dan merambat. Semua bunga dari ratusan spesies melati beraroma wangi. Setelah bunga mekar, Anda perlu memangkas cabangnya agar tidak menyebar.

Melati cenderung mudah tumbuh, tetapi lebih baik jika cukup air dan sinar matahari. Media tanamnya tanah, memerlukan tetap lembap dan letakkan di tempat yang cerah. Tanaman bunga melati aman untuk anjing atau kucing jika diletakkan di dalam ruangan.

tanaman wangi dalam ruangan
Ilustrasi tanaman wangi dalam ruangan (Freepik/Jcomp)

3. Eucalyptus

Tanaman ini terkenal dengan aroma wood yang menyegarkan. Eucalyptus memiliki 700 spesies yang berbeda. Kalau di alam liar, mereka bisa tumbuh hingga 30 kaki. Jika diletakkan di dalam ruangan, Anda bisa mengemas pot cantik berukuran sedang untuk tempat hidupnya.

Tanaman eucalyptus jika diletakkan di dalam ruangan memerlukan 8-10 jam terpapar sinar matahari dalam sehari. Pupuk perlu diberikan beberapa kali pada pergantian musim kemarau ke musim hujan. Karena eucalyptus tergolong tanaman yang cepat tumbuh, maka pangkas rutin untuk mengontrol percabangannya.

4. Spearmint

Tanaman spearmint beraroma segar dan tumbuh dengan cepat. Tingkat kerumitan dalam perawatannya juga tergolong rendah. Tanaman ini bisa tumbuh dengan stek dan hanya perlu dipangkas secara teratur agar tak kebanyakan daun.

Spearmint membutuhkan tempat yang sejuk menggunakan media tanam tanah. Setiap sebulan sekali perlu dipupuk menggunakan pupuk cair.

5. Lemon balm

Dengan nama latin Melissa officinalis, tanaman lemon balm bisa membersihkan udara dalam ruangan Anda. Tanaman ini juga populer mengusir serangga. Bisa dengan digosok pada kulit, atau memotong daunnya agar menebarkan wangi yang dibenci nyamuk.

Selama memiliki waktu lima jam sehari untuk terkena matahari, maka tanaman ini tidak akan layu. Siram setiap hari agar daunnya tetap segar dan tambahkan kompos apabila diperlukan.

6. Sweet basil

Menanam sweet basil atau Ocimum basilicum dalam ruangan seperti menyulap rumah seperti restoran yang nyaman. Daun dari daun basil manis ini berukuran lebar, warnanya hijau tua. Kalau saatnya panen, Anda bisa merencanakan menu seperti sup, salad, hingga roti panggang yang dapat dibumbui dengan sweet basil.

Sweet basil hanya perlu disiram secara teratur dan dijemur pada pagi hari. Jangan sampai terpapar panasnya matahari siang, karena bisa membakar daun. Setelah berbunga, biasanya daunnya akan layu dan mati. Artinya, Anda bisa menyimpan biji tanaman ini dan menanamnya kembali.

7. Daffodil

Bunga daffodil atau dikenal sebagai bunga bakung, bisa menghias jendela rumah Anda. Tanaman bunga dengan nama latin Narcissus pseudonarcissus beraroma vanilla dan warnanya pop ceria. Melansir Treehugger, Rabu, 5 Oktober, bunga bakung memiliki 13.000 jenis. Untuk pot dalam ruangan, Anda bisa menanam bibit dari umbi. Bunga akan bertahan selama beberapa minggu dan tidak mekar lagi. Tetapi mereka tidak disukai tikus. Jadi selain menghias rumah, tanaman ini juga bisa mengusir binatang pengerat yang mengganggu.