Ganjar Pranowo Temui Pelestari Anggrek Merapi, Ada Peran Megawati di Balik Kedatangannya
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo datang ke kediaman Musimin di Turgo, Sleman Yogyakarta. Musimin merupakan pelestari Anggrek Merapi yang nyaris punah.

Ganjar mengaku pernah bertandang ke kediaman Musimin beberapa tahun silam untuk melihat berbagai jenis anggrek yang berasal dari Merapi.

Ganjar memuji sosok Musimin yang tulus untuk melestarikan anggrek.

"Beliau itu spiritnya tidak sedang jual anggrek. Tapi bagaimana anggrek ini dipelihara di sini, dibudidayakan, dan akhirnya dikembalikan lagi ke habitatnya," kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya, Minggu 15 Mei.

Politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan sudah 173 jenis Anggrek yang diselamatkan Musimin. Sebanyak 110 di antaranya adalah Anggrek endemi Gunung Merapi.

"Jauh dari hiruk pikuk kota, Pak Musimin menjalani hari-harinya dengan keluar masuk hutan di Gunung Merapi untuk mencari dan mengembalikan Anggrek ke habitat aslinya," ujar Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar mengaku sebenarnya tidak mengetahui sosok Musimin. Dia berkata Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang memberi tahu.

Kala itu, Ganjar berkata Megawati memintanya untuk mengunjungi Musimin.

"Waktu itu Bu Mega pikirnya tempatnya ini di Jawa Tengah, tapi saya sampaikan, mboten bu ini tempatnya di Jogja," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar berkata kebiasaan Musimin pun banyak diikuti orang saat ini. Bukan hanya pecinta bunga eksotis, banyak pemuda dari berbagai daerah yang mengikuti langkah beliau.

"Karena setiap kali ada pengunjung, salah satu yang ditawarkan Pak Musimin adalah program adopsi. Dengan program itu, siapapun bisa turut serta mengembalikan Anggrek ke asalnya dan bisa ditengok kembali di kemudian hari," kata Ganjar.

"Untuk kamu yang belum tahu, rumah Pak Musimin ini di daerah Turgo Kabupaten Sleman DIY. Jika ke sini, pemandangan anggrek-anggrek yang langka plus kicau burung liar akan sangat menentramkan hatimu," ujar Ganjar menambahkan.