Pentingnya <i>PuanEffect</i> untuk Kemenangan Ganjar di Pilpres 2024
Dok PDI Perjuangan

Bagikan:

JAKARTA - Kemenangan Ganjar Pranowo di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah selama 2 periode tidak terlepas dari Puan Maharani. Peran Puan untuk keberhasilan Ganjar di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti dinilai juga sangat dibutuhkan.

“Kolaborasi serta kontribusi Puan atau PuanEffect saya anggap mampu memberi sumbangsih dalam memenangkan Ganjar,” ungkap Analis Komunikasi Politik, Silvanus Alvin, Selasa 25 April.

Seperti diketahui, Puan menjadi Ketua Tim Pemenangan Ganjar di Pilgub Jateng 2013 dan Pilgub Jateng 2018. Di bawah komando Puan, Ganjar berhasil mendapat 48,82% suara di Pilgub Jateng 2013 dan menang telak di Pilgub Jateng 2018 dengan 58,78% perolehan suara.

Kini, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri kembali menugaskan Puan menjadi komandan tim pemenangan Ganjar. Kali ini, untuk kemenangan Ganjar di Pilpres 2024.

Selain sepak terjang dalam pemenangan di 2 kali Pilgub Jateng, posisi Puan sebagai Ketua DPR RI juga patut diperhitungkan. Apalagi dalam beberapa bulan terakhir, Puan telah mengemban tugas untuk menjalin komunikasi dengan partai-partai lain dan sudah melakukan safari politik ke sejumlah ketua umum parpol.

Menurut Alvin, dipilihnya Puan sebagai komandan tempur Ganjar di Pilpres 2024 sudah tepat.

“Puan Maharani dapat memainkan peran penting dalam menggalang dukungan untuk Ganjar Pranowo,” ujar Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) itu.

“Jaringan luas yang Puan miliki di internal partai dan di luar partainya dapat ia optimalkan,” sambung Alvin.

Lulusan master University of Leicester Inggris tersebut juga menyoroti PuanEffect di kancah politik nasional. Alvin menilai, kerja politik Puan sudah diakui oleh masyarakat dan juga partai-partai lain.

“Dalam hal ini, ia dapat menggunakan pengaruhnya untuk memobilisasi basis dukungan dan merangkul partai-partai politik lain yang mungkin dapat membantu memenangkan Ganjar Pranowo,” jelasnya.

Alvin pun menggarisbawahi kebesaran hati Puan yang menerima keputusan Megawati memilih Ganjar sebagai capres dari PDIP. Kelegawaan cucu Bung Karno itu dianggap mampu membuat PDIP semakin solid dan harmonis.

“Kebesaran hati Puan karena Ganjar mendapat tiket emas sebagai capres PDIP patut diapresiasi. Sebab tanpa kebesaran hati maka seorang politisi akan susah untuk mengambil keputusan yang bijaksana dan adil,” sebut Alvin.

“Kebesaran hati yang ditunjukkan Puan berarti Ketua DPR tersebut lebih memperhatikan kepentingan golongan dibanding kepentingan pribadi,” imbuhnya.

Sikap besar hati Puan dinilai dapat meredam kekecewaan pendukungnya yang ingin ia maju sebagai capres PDIP. Puan menunjukkan loyalitas kepada keputusan partai dengan menyatakan tegak lurus terhadap instruksi Megawati, yang secara tidak langsung membawa seluruh pendukungnya untuk turut bekerja bersama membantu pemenangan Ganjar.

Oleh karenanya, PuanEffect akan memainkan peran besar dalam pemenangan Ganjar di Pilpres 2024 mendatang.

“Puan Maharani memiliki pengaruh yang signifikan dalam politik nasional dan dapat memainkan peran penting dalam memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024,” tutup Alvin.