Satoshi Nakamoto: 5 Fakta Menarik Tentang Pencipta Bitcoin, Jarang Orang Tahu!
Identitas pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto masih diliputi misteri. (Foto; Dok. ModernConsensus)

Bagikan:

JAKARTA - Satoshi Nakamoto, sosok yang menciptakan Bitcoin, masih menjadi misteri hingga saat ini. Tidak ada yang tahu apakah Satoshi adalah seorang individu atau sekelompok orang. Hal ini dikarenakan Satoshi Nakamoto belum teridentifikasi hingga saat ini.

Namun, meskipun masih misterius, beberapa fakta menarik tentang dirinya telah diketahui. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang pencipta Bitcoin.

1. Whitepaper Bitcoin Ditulis dalam Bahasa Inggris yang Bagus

Dilansir CryptoPotato, tidak ada yang tahu siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto. Nama ini digunakan untuk mengirimkan sebuah makalah putih (whitepaper) tentang Bitcoin ke milis kripto. Meskipun namanya berasal dari bahasa Jepang, makalah putih tersebut ditulis dalam bahasa Inggris yang sangat lancar.

Selain itu, Satoshi mengacu pada dirinya sendiri sebagai "kami" dan "saya", yang membuat kita percaya bahwa ada tim di balik nama ini. Namun, untuk kesederhanaan, kita akan menyebutnya sebagai individu di sini.

2. Satoshi Nakamoto Punya 1 Juta Bitcoin

Diperkirakan Satoshi memiliki lebih dari satu juta Bitcoin. Ini berarti kekayaan bersihnya saat ini sekitar 6,5 miliar dolar. Dia menghilang dari peredaran pada tahun 2010, dan sulit untuk memperkirakan dengan tepat berapa banyak yang dimilikinya.

Namun, dengan bantuan korelasi, diperkirakan bahwa satu entitas tunggal mulai menambang blockchain Bitcoin dari blok pertama dan memiliki kinerja yang sama hingga blok Genesis pada tahun 2009, menunjukkan bahwa itu mungkin adalah Satoshi.

Satu juta Bitcoin adalah jumlah uang yang sangat besar. Meskipun kita berasumsi bahwa Satoshi Nakamoto adalah tim dengan 10 orang, itu masih berarti setiap individu dalam tim tersebut memiliki nilai yang sangat besar.

3. Mitos Di Balik Nama Satoshi Nakamoto

Beberapa orang berspekulasi bahwa sekelompok perusahaan ada di balik nama tersebut. Mereka percaya bahwa nama Satoshi Nakamoto sebenarnya merupakan akronim dari SAmsung, TOshiba, NAKAmichi, dan MOTOrola. Beberapa orang lain berpikir bahwa Nick Szabo, seorang kriptografer, adalah orang sebenarnya di balik Satoshi.

Nick Szabo yang mencetuskan konsep Bit Gold sebelum Bitcoin muncul. Gaya tulisannya juga cocok dengan gaya tulisan dalam makalah putih tersebut. Meskipun ada rumor tentang Nick sebagai Satoshi yang sebenarnya, Nick belum pernah mengakui hal ini.

Beberapa orang lain menganggap bahwa Hal Finney, seorang kriptografer, adalah Satoshi. Dia ada di milis untuk menerima makalah putih Satoshi. Namun, Hal belum mengkonfirmasi hipotesis ini.

4. Alasan Satoshi Meninggalkan Proyek Bitcoin

Beberapa ahli kripto percaya bahwa Satoshi kehilangan minat pada Bitcoin dan meninggalkan proyek tersebut. Kodingnya menjadi terlalu sulit, dan ada beberapa kekurangan dalam protokol yang perlu diselesaikan. Orang lain percaya bahwa ia masih terlibat aktif tetapi dengan pseudonim lain kali ini. Dan ada juga yang berpikir bahwa Satoshi pergi karena ia berpikir Bitcoin tidak akan berkembang jika ia tetap berada di sekitarnya.

Sebelum Satoshi pergi, ia membuat posting di Wikileaks yang menerima Bitcoin. Hal ini membuat beberapa orang percaya bahwa Satoshi menjadi cemas tentang mendapatkan perhatian dari Wikileaks dan itulah sebabnya ia pergi.

5. Kemunculan Kaos Satoshi

Meskipun Satoshi Nakamoto yang sebenarnya tidak ditemukan, Anda dapat membeli kaos yang bertuliskan "Saya adalah Satoshi Nakamoto." Karena tidak ada yang tahu siapa dia sebenarnya, mengapa melewatkan kesempatan untuk mengklaim ketenarannya? Inilah mungkin mengapa Craig Steven Wright, seorang ilmuwan komputer, mengklaim bahwa ia adalah Satoshi yang sebenarnya. Namun, ia gagal memberikan bukti yang sama.

Terdapat banyak spekulasi tentang identitas sebenarnya dari Satoshi. Siapapun dia, kita harus setuju bahwa Bitcoin adalah produk yang mengubah dunia. Demikian 5 fakta menarik tentang pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto yang jarang diketahui.