Hungaria Abadikan Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin Jadi Patung Perunggu
Hungaria bikin patung pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto (Beincrypto)

Bagikan:

JAKARTA – Penggemar uang kripto András Györfi memprakarsai pembuatan patung pencipta Bitcoin yaitu Satoshi Nakamoto yang misterius. Rencananya, patung perunggu Satoshi Nakamoto akan ditempatkan di ibu kota Hungaria, Budapest.

Melansir Cointelegraph, dari Hungary Today, patung tersebut akan dibuat oleh pematung Réka Gergely dan Tamas Gilly. Sosok Satoshi Nakamoto akan digambarkan tengah mengenakan hoodie Bitcoin dengan kepala yang ditutupi tudung.

Wajah patung perunggu Satoshi Nakamoto akan dibuat mengkilap hingga merefleksikan wajah orang yang melihatnya. Hal ini terbilang menarik, justru saat seorang penonton memandangi wajah Satoshi Nakamoto, yang dilihatnya adalah wajahnya sendiri.

Kedua pematung itu menerapkan gagasan bahwa “kita semua adalah Satoshi.” András Györfi berpendapat bahwa Satoshi Nakamoto menawarkan teknologi Bitcoin dan Blockchain kepada dunia.

“Ini adalah database yang efisien, adil, dan transparan yang menghilangkan ketidakpercayaan di antara orang-orang dan dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik di banyak bidang, mulai dari pasokan makanan hingga pengiriman bantuan,” kata Györfi kepada Hungary Today.

Proyek pembuatan patung perunggu pencipta Bitcoin itu didanai oleh empat organisasi yaitu Mr. Coin, Crypto Academy, Asosiasi Blockchain Hungaria, dan Blockchain Budapest. 

Rencananya, patung Satoshi Nakamoto itu bakal dihadirkan di Graphisoft Park yang berlokasi di distrik 3 Budapest. Di tempat tersebut juga sudah ada patung pendiri Apple, Steve Jobs yang tampil dengan pakaian khasnya, turtleneck, celana jeans dan sepatu kets.

Graphisoft mendedikasikan patung tersebut untuk Steve Jobs. Graphisoft merupakan perusahaan perangkat lunak asal Hungaria. Pada pertengahan 1980-an silam, Steve Jobs berinvestasi pada perusahaan tersebut yang terbilang masih baru pada masa itu.

Hal ini bukan monumen publik pertama yang dibuat sebagai bentuk penghormatan kepada penciptan dan teknologi yang mendasari Bitcoin. Pada 2018 lalu, monumen Bitcoin diluncurkan di kota Kraj, Slovenia. Monumen tersebut berlokasi di bundaran dekat gedung pengadilan kota.

Monumen Bitcoin di Slovenia (Kryptomoney)

Monumen Bitcoin itu terbuat dari cincin baja horisontal yang memiliki lebar 7 meter dan di tengahnya terdapat logo Bitcoin. Bitstamp selaku platform perdagangan kripto di Luxemburg merupakan pihak yang mendanai proyek tersebut bersama perusahaan software blockchain 3fs.

Dengan hadirnya patung perunggu Satoshi Nakamoto tersebut, menandakan momen penting bagi Hungaria di mana pemerintahannya menurunkan pajak aset kripto tersebut dari 30,5 persen menjadi 15 persen. Pemangkasan pajak ini merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi pasca-pandemi yang melanda negara tersebut.