Gubernur Bank Hungaria Usulkan Larangan Menyeluruh Mata Uang Kripto di  Eropa, Ini Alasannya!
Patung tanpa wajah Satoshi Nakamoto di Budapest, Hungaria. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA – György Matolcsy, Gubernur Bank Nasional Hongaria, telah mengusulkan larangan menyeluruh pada semua perdagangan mata uang kripto dan operasi penambangan di seluruh Uni Eropa.

Ia mengutip larangan crypto ini yang diberlakukan oleh China sejak tahun lalu, dalam sebuah posting blog yang dibagikan oleh bank sentral Hongaria alias Magyar Nemzeti Bank (MNB). Judul artikel dalam blog tersebut, “Waktunya Telah Tiba untuk Melarang Perdagangan dan Penambangan Crypto di UE.”

Dia juga menunjukkan proposal bank sentral Rusia yang menyerukan larangan menyeluruh pada perdagangan dan penambangan cryptocurrency domestik.

“Saya sangat setuju dengan proposal tersebut dan juga mendukung poin regulator keuangan senior UE bahwa UE harus melarang metode penambangan yang digunakan untuk menghasilkan sebagian besar bitcoin baru,” kata Matolcsy, seperti dikutip Cointelegraph.

Gubernur Bank ini sangat percaya pada potensi cryptocurrency untuk “melayani kegiatan ilegal dan cenderung membangun piramida keuangan.” Matolcsy juga menyoroti kekhawatiran yang diangkat oleh bank sentral Rusia, bahwa nilai pasar dalam crypto ditentukan oleh “permintaan spekulatif untuk pertumbuhan di masa depan, yang menciptakan gelembung.”

Pada catatan akhir, Matolcsy menyerukan larangan total terhadap cryptocurrency untuk melawan risiko investor terkait dengan piramida dan gelembung keuangan.

“Warga negara dan perusahaan Uni Eropa akan diizinkan untuk memiliki cryptocurrency di luar negeri dan regulator akan melacak kepemilikan mereka,” kata Matolcsy.

Pada September 2021, patung perunggu pencipta Bitcoin (BTC) legendaris Satoshi Nakamoto diresmikan di Graphisoft Park di Budapest, Hongaria.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, patung itu menunjukkan bagian atas sosok dengan wajah tanpa ciri mengenakan hoodie dengan logo BTC. Debreczeni Barnabás, CEO pertukaran kripto Hungaria Shinrai, termasuk di antara banyak pengusaha kripto yang berbicara pada upacara tersebut peresmian patung.

“Satoshi Nakamoto telah menciptakan uang independen yang bebas dari perantara yang memberdayakan orang-orang dengan kedaulatan finansial [...] Kami telah mendirikan patung ini untuk mengingatkan diri kami sendiri bahwa keberanian adalah kebajikan. Kami harus terus bermimpi besar,” kata Barnabás.