Ikuti Tindakan Keras China, Rusia Segera Hentikan Transaksi Kripto di Negaranya
Rusia segera ikuti langkah China melarang kegiatan kripto. (foto; dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Russia, Vladimir Chistyukhin,  mengisyaratkan pada Senin 20 Desember bahwa cryptocurrency yang dikelola secara pribadi mungkin segera tidak lagi digunakan di pasar keuangan negara

Kantor berita TASS, yang mengutip pernyataan Chistyukhin, juga melaporkan bahwa Bank sentral sedang mengusahakan laporan yang menguraikan proposal untuk membatasi penggunaan mata uang semacam itu di Rusia.

Rusia, seperti dilaporkan oleh Reuters, telah menentang cryptocurrency swasta selama bertahun-tahun, dengan mengatakan mereka dapat digunakan dalam pencucian uang atau untuk membiayai terorisme. Tetapi baru-baru ini meningkatkan kampanyenya yang itu berencana untuk mengeluarkan rubel digitalnya sendiri.

"Saya akan memberi Anda petunjuk: Kami tidak melihat ruang untuk cryptocurrency di pasar keuangan Rusia," kata Chistyukhin seperti dikutip TASS.

Pekan lalu, Reuters juga mengutip sumber yang mengatakan bank sentral melihat risiko terhadap stabilitas keuangan dari meningkatnya jumlah transaksi crypto dan menganjurkan "penolakan total" terhadap mereka, yang mengakibatkan harga bitcoin sempat jatuh.

Gubernur bank sentral Elvira Nabiullina mengatakan banknya tidak dapat menerima investasi dalam cryptocurrency, yang telah digunakan Rusia dalam transaksi tahunan senilai sekitar 5 miliar dolar AS.

Bank of Russia sebelumnya mengatakan bahwa negara tersebut membutuhkan penyesuaian lebih lanjut dari regulasi cryptocurrency, merujuk pada pengalaman China dan India.

Pada bulan September, China mengintensifkan tindakan kerasnya terhadap cryptocurrency dengan larangan menyeluruh pada semua transaksi crypto dan "penambangan", yang sempat memukul harga bitcoin dan koin utama lainnya serta menekan saham terkait crypto dan blockchain.

Sementara itu, Bank Rusia juga bertujuan untuk bergabung dengan tren global untuk mengembangkan mata uang digitalnya sendiri untuk membantu memodernisasi sistem keuangan, mempercepat pembayaran, dan melawan segala ancaman dari mata uang kripto lainnya.