George Soros Beli Saham Rivian, Jadikan <i>Startup</i> Truk Listrik Ini Pesaing Tesla
Rivian, startup truk listrik yang didanai George Soros. (foto: dok. Rivian)

Bagikan:

JAKARTA - Miliarder investor George Soros dikabarkan telah membeli hampir 20 juta saham startup truk listrik, Rivian Automotive Inc,  pada kuartal keempat tahun lalu, yang berakhir 31 Desember. Kepastian ini dikabarkan pada Jumat, 11 Februari.

Sebanyak 19.835.761 saham, bernilai sekitar 2 miliar dolar AS (Rp 28 triliun) pada saat itu, menjadikan Soros Fund Management di antara investor paling terkemuka di perusahaan yang belum memproduksi kendaraan untuk konsumen.

Rivian, yang 20% ​​sahamnya dimiliki oleh Amazon.com Inc, diharapkan dapat menyediakan lebih dari 100.000 truk listrik kepada perusahaan e-commerce tersebut beberapa tahun mendatang.

Rivian yang berbasis di Irvine, California, mengatakan pada Desember lalu bahwa mereka memperkirakan produksi akan turun "kurang beberapa ratus kendaraan" dari target 2021 sebesar 1.200 karena kendala rantai pasokan.

Ini menyoroti kemungkinan tantangan dalam meningkatkan produksi untuk menghadapi pemimpin EV selama ini, Tesla Inc.

Saham Rivian diberitakan turun 9% pada Jumat lalu dan turun 43% untuk tahun ini. Harga saham turun 67% dari tertinggi 179,46 dolar AS yang terjadi pada 16 November, kurang dari seminggu setelah mengumpulkan 12 miliar dolar AS dalam debut saham terbesar tahun 2021.