5 Mobil Listrik yang Bakal Meluncur pada Tahun 2023, Ada Cybertruck?
Tesla Cybertruck. (Tesla)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam beberapa bulan belakangan mobil listrik mulai bermunculan seiring kenaikan harga energi di berbagai negara termasuk BBM. Tahun 2023 tampaknya akan menjadi momentum bagi kendaraan listrik yang diklaim menggunakan energi ramah lingkungan. Pasalnya saat ini sedang terjadi transisi dari mobil berbahan bakar bensin ke mobil listrik.

Produsen mobil berlomba-lomba mengembangkan kendaraan listrik (EV) dengan berbagai inovasinya. Itu dilakukan oleh raksasa produsen mobil termasuk Chevrolet, Hyundai, Ford, dan sebagainya. Sementara Tesla sudah lebih dulu memulai produksi mobil listrik. Kini Tesla menjadi penguasa EV global. Lalu apa saja mobil listrik yang akan diluncurkan pada tahun 2023?

Tim VOI.id  akan memaparkan 5 mobil listrik yang akan diluncurkan pada tahun 2023 sebagaimana berikut ini!

1. Lucid Air Sapphire

Lucid Group Inc. merupakan manufaktur kendaraan listrik berbasis di Newark, California. Didirikan pada 2007 oleh Bernard Tse, Sam Weng, Sheaupyng Lin. Lucid Motors berada di bawah naungan Lucid Group yang memproduksi mobil listrik. Perusahaan dilaporkan akan meluncurkan EV terbarunya yakni Lucid Air Sapphire pada tahun 2023.

Lucid Air Sapphire. (Lucid Motors)

Lucid mengunggulkan performa dalam mobil listriknya. Lucid menjadi pesaing Tesla dalam hal performa. Lucid Air Sapphire menyaingi Model S Plaid, dan tidak hanya itu, Lucid berusaha mengalahkannya. Sapphire adalah Lucid Air yang mengandalkan performa andal dan berkonfigurasi tinggi.

Lucid Air Sapphire memiliki sistem AWD tri-motor. Sapphire dapat menempuh perjalanan 0-60 mph dalam dua detik. Sementara 0-100 mph dapat ditempuh dalam 4 detik. Siaran pers Lucid menyebut Sapphire sebagai “sedan super-sport mewah listrik pertama di dunia,” yang liar. Saat ini Lucid Air Sapphire sedang dalam tahap produksi dan belum ada spesifikasi final dari perusahaan. Namun, dari laman resminya, Sapphire akan dibekali 1.200 tenaga kuda (horsepower).

2. Chevrolet Silverado

Silverado merupakan pick up EV besutan Chevrolet yang telah diluncurkan pada tahun sebelumnya. Namun, perusahaan berencana mendesain ulang (re-design) Silverado dan akan kembali diluncurkan pada tahun 2023.

Menurut Chevy, Silverado RST listrik akan mengeluarkan lebih dari 660 tenaga kuda dengan mode Wide Open Watts. Ini bukan angka yang sedikit, dan truk ini juga mengeluarkan torsi lebih dari 780 lb-ft dengan mode performa tinggi Wide Open Watts Chevrolet diaktifkan.

Silverado EV juga memiliki kapasitas penarik 10 ribu lbs, yang bagus tetapi tidak luar biasa mengingat apa yang dilakukan Rivian dengan R1T yang super canggih. Rivian R1T dapat menarik hingga 11 ribu pound, lebih dari Silverado. Dalam dunia perang stat truk pickup, daya angkut lebih banyak adalah hal yang penting.

Chevrolet Silverado. (GM Vehicle)

Silverado RST juga menjanjikan jarak tempuh hingga 400 mil dengan sekali pengisian daya, yang cukup mengesankan, terutama untuk kendaraan sebesar ini. Silverado memiliki fitur yang mengingatkan pada Gear Tunnel Rivian.

Silverado dapat memperpanjang tempat tidurnya dengan membuka pembagian kabin dan tempat tidur melalui pintu yang dapat dilipat Fitur ini, yang disebut Multi-Flex Midgate dengan Pass-Through, sebenarnya sangat berguna dan akan memperluas ruang yang sudah sangat besar yang ditawarkan Silverado EV. Fitur ini bahkan mungkin lebih praktis daripada apa yang ditawarkan Rivian dengan Gear Tunnel. Menurut situs web Chevrolet, Silverado EV model tahun 2024 akan tersedia selama musim gugur 2023.

3. Chevrolet Blazer

Chevy Blazer EV akan tersedia pada musim panas 2023. Truk ini terlihat luar biasa dari perspektif gaya. Cara terbaik untuk menggambarkan penampilannya adalah dengan mengatakan bahwa itu menyerupai Mach-E tetapi dengan body kit yang lebih sporty.

Mungkin Anda mengira ini akan menjadi SUV Chevrolet yang membosankan, Anda pasti salah. Melihat sekilas statistik untuk model SS mengungkapkan bahwa perkiraan akselerasi dari 0-60 mph akan berada di bawah 4 detik. Itu sangat cepat, terutama untuk SUV di kelasnya.

Chevrolet Blazer 2023. (Chevrolet)

Blazer EV berpotensi terjual dengan sangat baik, terutama mengingat bahwa SUV umumnya terjual seperti kacang goreng. Ditambah dengan fakta bahwa EV sedang populer, dan ini adalah kombinasi yang bagus. Blazer EV akan mulai dijual dengan harga sekitar 44.995 dolar AS, menurut Chevrolet.

4. Tesla Cybertruck

Cybertruck adalah meme terbesar di dunia truk pickup EV. Semua pesaing Tesla ingin mengalahkan Cybertruck di pasar, dan dengan penawaran produk yang sangat bagus. Rivian R1T telah mencuri perhatian para peminat Cybertruck, tetapi pickup unik dari Tesla ini tidak boleh diabaikan. Jika Cybertruck memulai debutnya pada tahun 2023, truk itu akan menjadi sesuatu yang istimewa.

Pada pertemuan pemegang saham tahunan Tesla di Gigafactory di Austin, Texas, Musk menjanjikan peluncuran Tesla Cybertruck pada pertengahan 2023 sambil menyatakan bahwa produksi akan dimulai di pabrik Austin.

Tesla Cybertruck. (Tesla)

“Truk tersebut akan diproduksi dari pabrik ini pada pertengahan tahun depan… Anda akan melihat kami memasang mesin produksi dalam beberapa bulan ke depan,” ujar Musk. Cybertruck menjanjikan kinerja supercar yang dikombinasikan dengan utilitas truk.

5. Hyundai IONIQ 6

Hyundai telah mengalami perkembangan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Produsen asal Korea Selatan itu telah meluncurkan mobil listrik IONIQ 5. Ini menjadikannya sebagai salah satu EV terbaik yang beredar di pasar kendaraan listrik.

Pada tahun 2023, Hyundai dikabarkan akan meluncurkan mobil listrik generasi berikutnya, IONIQ 6. Mobil listrik ini akan memiliki penampilan retro-futuristik, dilengkapi dengan LED piksel bagian mobil. Lampu-lampu LED tersebut akan membuat IONIQ 6 memiliki kesan istimewa.

Hyundai Ioniq 6. (Hyundai)

Kendaraan listrik atau EV telah menjadi topik perbincangan hangat akhir-akhir ini. Demikian daftar 5 mobil listrik yang akan diluncurkan pada tahun 2023!