Akhir Januari Ini, Tesla Kenalkan Cybertruck di China
Cybertruck. (Dok. Tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Tesla akhirnya secara resmi meluncurkan Cybertruck pada bulan Desember tahun lalu, yang disebut sebagai kendaraan tercanggih yang pernah diproduksi perusahaan.

Mobil pikap listrik yang memiliki desain radikal tersebut dilapisi oleh bodi baja tahan karat, sehingga memperlihatkan kekokohan kendaraan ini. Selain itu, Cybertruck diklaim memiliki utilitas lebih baik dibanding truk listrik di kelasnya atau mobil sport karena didukung kinerja lebih tinggi.

Dengan beberapa hal yang ditawarkan pada model ini, tentu Cybertruck sangat dinanti-nantikan konsumen berbagai negara, salah satunya China yang merupakan salah satu pasar terbesar produsen yang dikepalai oleh Elon Musk ini.

8

Dilansir Reuters, Rabu, 24 Januari, Tesla berniat untuk membawa delapan unit Cybertruck ke wilayah China mulai akhir Januari secara bersamaan di delapan kota berbeda, termasuk Shanghai dan ibu kota, Beijing.

Diketahui Tesla amat disukai di China bahkan pada Desember 2023, Menurut data Asosiasi Mobil Penumpang China (CPCA), keseluruhan pengiriman grosir mobil Tesla Model 3 dan Model Y berjumlah 94.139 unit, meningkat 69% dibandingkan tahun lalu dan merupakan hasil bulanan terbaik pada tahun 2023.

Kembali ke Cybertruck, mobil ini dilengkapi dengan arsitektur listrik 800 volt dan versi tri-motor yang disebut Cyberbeast dapat berakselerasi dari 0 hingga 97 km/jam hanya dalam 2,6 detik saja. Selain itu, kendaraan tersebut memiliki kecepatan tertinggi mencapai 209 km/jam, dan menawarkan kapasitas muatan 1.134 kg.

8

Tesla telah melengkapi Cybertruck dengan sistem steer-by-wire yang menyesuaikan putaran roda kemudi berdasarkan kecepatan kendaraan. Kemudi roda belakang dan vektor torsi belakang meningkatkan kemampuan manuver, memberikan lingkaran putar yang lebih kecil dibandingkan Model S.

Tesla menawarkan tiga versi Cybertruck, terdiri dari RWD, AWD, dan Cyberbeast berperforma tinggi. Model RWD diproyeksikan mencapai 97 km/jam dalam 6,5 detik, dengan jangkauan 402 km. Varian AWD menghasilkan 600 tk yang mampu berakselerasi hingga 97 km/jam dalam 3,9 detik dan menempuh jarak 547 km. Selain itu, jangkauan Cyberbeast adalah 515 km.

Perusahaan asal AS ini juga menawarkan opsional ‘extender range’ yang meningkatkan jarak tempuh bagi versi AWD hingga 756 km dan Cyberbeast mencapai 708 km.