Tesla Cybertruck Ungguli Rivian R1T dan GMC Hummer EV dalam Balapan Lurus 400 Meter
Tangkapan layar-video. (Youtube/Hagerty)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak yang mengkritik Cybertruck yang terlalu lama dalam masa pengembangan, bahkan pesaing-pesaingnya yang dulu berbarengan diumumkan duluan meluncur seperti Rivian R1T, GMC Hummer EV, hingga F-150 Lightning.

Namun kesabaran Tesla ini ternyata berbuah positif karena memberi mereka peluang lebih mengungguli dan mempelajari para rival tersebut. Baru-baru ini sebuah akun Youtube viral ketika menguji ketangguhan balapan Cybertruck, yang baru diluncurkan melawan truk pikap listrik Rivian R1T dan pikap GMC Hummer EV.

Balapan drag atau balap lintasan lurus diadakan oleh Hagerty di lintasan Sonoma Raceway dengan menghadirkan Cybertruck varian tertinggi yaitu Cyberbeast yang menggunakan tiga motor listrik dengan daya keluaran gabungan 845 hp dan torsi 13.956 Nm. Mobil ini dapat melesat dari 0-96 km/jam dalam 2,6 detik, dengan kecepatan tertinggi 209,21 km/jam.

Sebelumnya, dilansir Carbuzz, 4 Desember, akun X Tesla juga menunjukkan rekaman Cybertruck yang tengah menderek Porsche 911 memenangkan balapan 400 meter melawan Porsche 911.

4

Sebagai pesaing lomba ini, Rivian R1T di atas kertas memiliki empat motor listrik Bosch yang menghasilkan tenaga 835 hp dan torsi 1.234 Nm, dan akselerasi 0-96 km/jam dalam 3,0 detik.

Sementara itu, GMC Hummer EV adalah yang paling bertenaga dari keduanya memiliki tiga motor listrik yang menghasilkan lebih dari 1.000 hp dan torsi 15.591 Nm dengan kemampuan akselerasi 0-96 km/jam dalam waktu 3 detik untuk model pikap yang diuji ini.

Hasilnya cukup mengejutkan, meskipun Cybertruck menggunakan ban lumpur tapi berhasil memenangkan balapan drag dengan R1T yang dilengkapi ban performa musim panas. Cybertruck menyelesaikan waktu 400 meter dalam 11,0 detik pada kecepatan tertinggi 191 km/jam, sedangkan R1T melakukannya dalam 11,7 detik pada kecepatan 177 km/jam.

Sementara itu, GMC Hummer EV yang lebih bertenaga daripada Cybertruck juga berhasil dikalahkan bahkan waktunya lebih lambat dari Rivian R1T, yaitu 11,9 detik pada kecepatan 170 km/jam. Namun ini cukup wajar mengingat Hummer EV dengan baterainya besar memiliki berat 4 ton sementara Cybertruck hanya berbobot 3,1 ton.