Lucid Melampaui Ekspektasi, Serahkan 1.967 Mobil Listrik di Kuartal Pertama
Lucid Air. (Dok. Lucid)

Bagikan:

JAKARTA - Lucid melaporkan pengiriman mobil listrik di kuartal pertama melebihi ekspektasi. Keputusan potongan harga yang mereka terapkan berhasil mendorong permintaan untuk sedan listrik mewah mereka, dan membuat saham mereka naik sekitar 4 persen.

Menurut perkiraan dari delapan analis yang disurvei oleh Visible Alpha, dikutip dari Autoblog, 10 April, Lucid berhasil menyerahkan 1.967 kendaraan di kuartal pertama. Angka ini lebih tinggi dibanding perkiraan sebelumnya yaitu 1.745 unit.

Permintaan untuk mobil listrik Lucid tetap kuat meskipun perusahaan startup mobil listrik ini telah memangkas harga sedan Air mereka, yang merupakan produk unggulannya, sebesar 1 hingga 10 persen pada bulan Februari lalu.

Namun, permintaan untuk kendaraan listrik secara keseluruhan di Amerika Serikat sedang melambat. Hal ini disebabkan oleh tingginya suku bunga dan biaya kepemilikan yang relatif mahal, sehingga mendorong pembeli untuk beralih ke alternatif hibrida yang lebih terjangkau.

Raksasa kendaraan listrik Tesla bahkan melaporkan penurunan pengiriman kendaraan listrik kuartalan untuk pertama kalinya dalam hampir empat tahun awal bulan ini, dan tidak memenuhi estimasi Wall Street.

Lucid memproduksi 1.728 kendaraan pada kuartal pertama yang berakhir pada 31 Maret. Angka ini lebih rendah dari perkiraan analis yaitu 2.123 unit, dan dibandingkan dengan 2.391 unit pada kuartal sebelumnya.

Produsen kendaraan listrik ini mengatakan pada bulan Februari bahwa mereka berencana untuk memperkenalkan mobil menengah pada akhir tahun 2026 untuk menarik basis pelanggan yang lebih luas. Sementara itu, Reuters melaporkan minggu lalu bahwa Tesla membatalkan rencana untuk mobil murah mereka.

CEO Lucid, Peter Rawlinson, mengatakan bahwa kendaraan baru tersebut akan menyasar harga 50.000 dolar AS. Ini merupakan segmen harga yang sangat kompetitif, yang mencakup kendaraan listrik Model Y dari Tesla.

Dilaporkan VOI sebelumnya, perusahaan tersebut mengatakan pada bulan lalu bahwa mereka sedang mengumpulkan modal sebesar 1 miliar dari Ayar Third Investment Company, afiliasi dari Public Investment Fund milik Arab Saudi.

Suntikan modal ini meningkatkan dana Lucid, memberi perusahaan ini keuntungan dibanding startup kendaraan listrik lain yang kekurangan uang tunai dan harus mengeluarkan banyak biaya saat meningkatkan produksi mereka.

Pencapaian pengiriman Lucid ini mirip dengan pencapaian perusahaan sejenis, Rivian Automotive, yang juga melampaui estimasi pengiriman kuartalan didorong oleh permintaan yang kuat untuk truk pikap dan SUV listrik mereka.