Terima Banyak Laporan Kehilangan Daya, Lucid Tarik 637 Unit Sedan Air
Lucid Air, (Dok. Lucid Motors)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil listrik mewah, Lucid Motors melakukan penarikan kembali (recall) pada model sedan Air. Adapun jumlah yang terkena recall sebanyak 637 unit.

Penarikan dipicu adanya kerusakan pada bagian motor listrik yang bisa berakibat hilangnya daya mobil. Lucid mulai menyelidiki masalah ini dari Mei 2022, awal mula banyak pemilik sedan melapor kehilangan daya ke pusat layanan.

Setelah diteliti, ditemukan beberapa saklar kontak yang diaktifkan secara elektrik yang mentransfer energi ke motor penggerak dapat tiba-tiba terbuka, memutus daya listrik. 

Untuk menanggulangi masalah tersebut, para pemilik Lucid diimbau membawa kendaraannya ke pusat layanan, lalu Lucid akan membarui perangkat lunak serta melakukan penggantian kontaktor, tanpa dipungut biaya.

Dilansir dari TheVerge, Selasa, 28 Maret, kontaktor pengganti telah diproduksi dengan gaya magnet yang lebih kuat untuk mencegah kerusakan di masa mendatang.

Diperkirakan recall cukup berdampak pada brand Lucid. Selain merek yang tergolong baru, Air juga merupakan model produksi pertama Lucid.

Selain itu, adanya pemotongan harga kendaraan EV dari Tesla dan ketersediaan model EV yang lebih murah dari produsen lain kian membebani permintaan kendaraan baru dari perusahaan rintisan, seperti Lucid dan Rivian Automotive.