Bagikan:

JAKARTA - Pembuat kendaraan listrik mewah, Lucid Motors, kini meluncurkan Lucid Air Sapphire Edition baru. Ini adalah sedan top-of-the-line, yang menurut perusahaan akan mampu melaju dari nol hingga 60mph dalam waktu kurang dari dua detik, bahkan nol hingga 100mph dalam waktu kurang dari empat detik.

Itu sangat mengesankan dalam sedan mewah full-size bertenaga listrik dan berpotensi membuat mobil biru safir baru sedan menjadi produksi paling kuat di pasar. Bahkan sudah mengalahkan pemegang rekor kecepatan sebelumnya di mobil listrik, Tesla Model S Plaid.

Lucid Air Spaphire Edition. (foto: twitter @lucidmotors)

Edisi Sapphire baru, yang terungkap Jumat, 19 Agustus selama Monterey Car Week, memasangkan sejumlah fitur dari model trim bawah Lucid seperti Dream Edition dan Grand Touring Performance Edition.

Pertama, versi baru Lucid Air mendapat tiga motor, dua di belakang dan satu di depan, yang menurut Lucid membawa perkiraan tenaga kuda hingga 1.200.

Pada saat rilis, Lucid tidak menawarkan angka torsi apa pun, tetapi seperti yang dikatakan Eric Bach selama briefing awal untuk jurnalis, "Lucid mendefinisikan ulang apa yang bisa dilakukan sedan keluarga," dengan merilis model baru.

Unit penggerak belakang kembar mendapatkan dua inverter 500kW yang didasarkan pada yang ada di Dream Performance Edition, ditambah unit reduksi roda gigi planetary khusus. Pengaturan belakang itu memungkinkan torsi diterapkan ke setiap roda dalam arah yang berlawanan sehingga Sapphire Edition akan mendapatkan lebih banyak stabilitas dan kontrol.

Sistem ini juga dapat menerapkan pengereman regeneratif ke roda belakang individu untuk membuat sudut sedan besar lebih tepat.

Lucid mengatakan bahwa unit penggerak belakang kembar juga mendapatkan teknologi penukar panas baru dan peningkatan laju aliran cairan pendingin. Sementara perusahaan mengatakan bahwa mereka telah meningkatkan sistem baterai untuk daya yang lebih tinggi dan termoregulasi yang lebih baik, itu tidak merilis detail spesifik pada saat rilis.

Saat menggunakan tenaga besar, maka pengemudi harus menggunakan rem, pengaturan suspensi, dan ban juga. Untuk itu, Lucid meningkatkan ke rem karbon keramik, mengubah tingkat pegas, memberi Sapphire redaman yang lebih tinggi, menambahkan sway bar, dan meningkatkan power steering dan sistem ABS.

Edisi Sapphire juga akan mendapatkan velg komposit khusus dan satu set ban khusus (20 inci di depan, 21 inci di belakang) yang terbuat dari kompon yang menawarkan kombinasi rolling resistance rendah dan grip tinggi, mirip dengan ban Cup 2.

Lucid juga akan menawarkan satu set pelindung roda yang dapat dipasang melalui kunci tengah ke roda untuk membantu membuatnya lebih aerodinamis dan efisien untuk berkendara yang lebih lama dan lebih santai.

Lucid mengatakan bahwa Edisi Sapphire baru akan dijual mulai dari 249.000 dolar AS (Rp 3,7 miliar) atau lebih mahal 69.000 dolar AS dari Grand Touring Performance yang berharga 180.000 dolar AS. Perusahaan juga menghadapi penundaan pengiriman dan produksi yang terlambat, sebagian karena kekurangan pasokan yang disebabkan oleh pandemi dan masalah logistik. Perusahaan juga harus menaikkan harga kendaraannya tahun ini karena inflasi global mengancam.