Lucid Motors Luncurkan Sedan Listrik Mewah Gravity, Mulai Dipasarkan Tahun Depan
Lucid Motors akhirnya menampilkan SUV Gravity all-electric. (foto: twitter @LucidMotors)

Bagikan:

JAKARTA - Lucid Motors akhirnya menampilkan SUV Gravity all-electric mewahnya untuk pertama kali. Gambar baru yang dirilis oleh pembuat mobil Selasa 15 November memamerkan interior tiga baris yang luas dengan kursi tengah ganda yang memiliki sandaran kaki yang dapat direbahkan dan eksterior yang menampilkan atap kaca yang menukik.

Gravity adalah model kendaraan kedua dari pembuat mobil listrik ini yang terungkap ke publik. Dalam siaran pers, SVP desain Lucid, Derek Jenkins, mengatakan mereka "tidak menyisihkan kesempatan untuk membangun semua yang dipelajari dengan Lucid Air," sedan listrik mewah pertama dari produsen mobil listrik ini.

Tidak ada gambar yang memamerkan interior depan, tetapi Lucid menjanjikan "Glass Cockpit" generasi berikutnya dengan tampilan resolusi tinggi yang akan berjalan pada versi baru di perangkat lunak Lucid UX-nya. Untuk bagian belakang, akan tersedia beberapa konfigurasi kursi penumpang, termasuk konfigurasi lima, enam, dan tujuh kursi.

Lucid menolak untuk mengungkapkan informasi tambahan tentang Gravity, termasuk jangkauan atau daya jelajah, kinerja, dan harga, hingga pemesanan dibuka pada awal 2023. Desain dan spesifikasinya belum sepenuhnya selesai, namun pabrik mobil asal AS ini berencana untuk mengerjakannya "secara paralel" dengan perluasan pabrik AMP-1 di Casa Grande, Arizona.

Petunjuk tentang SUV Lucid dimulai sejak 2019 ketika kepala divisi teknologi Peter Rawlinson, yang kini menjadi CEO, memberi tahu The Verge bahwa rencana untuk memproduksi sebuah SUV "sangat mungkin". Namun SUV tersebut tidak akan disebutkan lagi hingga perusahaan tersebut go public melalui merger special purpose acquisition company (SPAC) pada tahun 2021. Saat itu, SUV tersebut dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2023.

Sementara itu, Lucid mengatakan akan mulai mengirimkan versi Touring midtrim pertama dari sedan listrik mewah Air Touring. Mulai dari harga 107.400 dolar AS, versi ini memiliki penggerak semua roda dua motor berkekuatan 620 tenaga kuda dan dapat melaju dari nol hingga 60 mph dalam 3,4 detik. Model ini muncul dengan paket baterai 18 modul "Jarak Jauh" , berlawanan dengan "Jangkauan Diperpanjang" dari 22 modul, yang menambahkan lebih banyak ruang kaki kursi belakang dan dapat menempuh jarak 425 mil dengan sekali pengisian daya. Air Touring juga menyamai efisiensi 4,6 mil per kWh dari versi Grand Touring yang lebih mahal.

Lucid sejauh ini hanya mengirimkan versi peluncuran awal, yang disebut Air Dream Edition, yang dimulai dari harga 169.000 dolar AS dan model Grand Touring trim atas yang saat ini mulai dari 154.000 dolar AS. Kini varian Dream tidak lagi tersedia.

Versi motor ganda berkekuatan 480 tenaga kuda dari model yang sedikit lebih murah, Lucid Air Pure, juga akan hadir tahun ini. Ini dapat menempuh jarak hingga 410 mil dengan sekali pengisian menggunakan baterai 18 modul yang sama dari Air Touring.

Sama seperti trim Tesla Model S kelas bawah awal, Air Pure mengganti atap kaca dengan atap logam berwarna bodi  yang terbuat dari aluminium, dan versi termurah dengan penggerak roda belakang motor tunggal akan tiba pada tahun 2023.

Air Pure mempertahankan banyak fitur dari model lain, tetapi untuk harga awal yang lebih rendah 87.400 dolar AS, joknya terbuat dari kulit imitasi, bukan Nappa, tidak termasuk sistem speaker berkemampuan Dolby Atmos "Surreal Sound Pro" secara default, dan memiliki sebagian besar interior "Mojave" hitam polos dengan hiasan tekstil tenun daur ulang, dan pembeli hanya bisa mendapatkan opsi pelek roda Aero yang kurang mewah.

Semua model Lucid Air sekarang telah sedikit di-tweak untuk mencapai koefisien drag 0,197, menjadi "mobil produksi paling aerodinamis yang efisien di pasar," kata perusahaan itu.

Sebagai perbandingan, Ioniq 6 baru dari Hyundai memiliki koefisien drag 0,21, dan Tesla Model S Plaid adalah 0,208. Semua model juga dilengkapi dengan sistem bantuan driver canggih Lucid's DreamDrive Pro yang menggunakan kombinasi lidar, kamera, dan sistem ultrasonik dan pada akhirnya akan menjadi semiotonom melalui pembaruan perangkat lunak, klaim Lucid.

Model Air Touring dan Pure Lucid sekarang bergabung dengan Grand Touring yang tersedia saat ini, yang mampu mencapai jarak 516 mil lebih jauh dalam sekali pengisian daya. Pada paruh pertama tahun 2023, Lucid akan memulai produksi trim Air Sapphire puncaknya dengan tiga motor, mulai dari 249.000 dolar AS.

Lucid mengatakan saat ini sedang menyempurnakan kendaraan di jalan umum dan trek balap dan memperkirakannya mampu mencapai akselerasi nol hingga 60 mph hanya dalam 1,89 detik.

Meski begitu, ini merupakan tahun yang sulit bagi Lucid. Mereka harus merevisi prediksi pengirimannya menjadi maksimal 7.000 kendaraan, kedua kalinya harus memangkas produksi tahun ini karena tantangan rantai pasokan yang berkelanjutan. Pada bulan Februari, target produksi mencapai 14.000 kendaraan.

Dengan beberapa pemegang reservasi lama akhirnya mendapatkan sedan Air Touring mereka yang lebih murah tahun ini dan kemunculan pertama pada Gravity SUV, perusahaan mungkin telah menghabiskan sebanyak mungkin buzz sebelum akhir tahun ini.

Apa yang belum habis adalah lebih banyak investasi, karena pembuat mobil dilaporkan berencana untuk menjual hingga 915 juta dolar AS saham kepada pemilik mayoritasnya, dana kekayaan kedaulatan Arab Saudi.