Bagikan:

JAKARTA - Persaingan di industri otomotif semakin sengit dengan terus berlombanya pabrikan memperkenalkan mobil listrik dengan harga yang terjangkau, dan Lucid Motors turut serta dalam usaha tersebut.

Peter Rawlinson, CEO Lucid Motors, mengungkapkan niat perusahaan untuk merilis kendaraan listrik (EV) dengan harga sekitar 50.000 dolar AS (sekitar Rp776 juta), sebagai upaya untuk tetap bersaing dengan Tesla. Pernyataan tersebut dikutip dari laman Electrek, Kamis, 21 Desember.

Sebelumnya, Lucid telah merencanakan peluncuran mobil listrik ekonomis pada tahun 2030. Namun, Rawlinson, yang sebelumnya terlibat dalam pengembangan mobil Tesla, mengkonfirmasi bahwa waktu peluncuran tersebut tidak akan sepanjang itu.

"Saya secara resmi menyatakan pertengahan akhir dekade, dan pernyataan itu telah salah dikutip sebagai akhir dekade ini (2030). Masih ada beberapa tahun lagi, tetapi sudah dekat," ujarnya kepada Autocar.

Lebih lanjut, Rawlinson menjelaskan bahwa proses pengembangan mobil baru yang ekonomis memerlukan waktu sekitar tiga setengah tahun, dan Lucid Motors telah memulai langkah-langkahnya. Oleh karena itu, dapat diharapkan bahwa mobil tersebut akan segera tersedia.

Rawlinson menegaskan bahwa kendaraan listrik terbaru dari Lucid Motors akan tetap kompetitif. Hal ini dikarenakan perusahaan memiliki teknologi canggih yang memungkinkan mobil memiliki jangkauan yang lebih jauh dengan penggunaan baterai yang lebih efisien.

"Jika Anda dapat menempuh jarak tertentu dengan baterai yang lebih sedikit, Anda dapat membuat mobil tersebut lebih terjangkau dibandingkan dengan yang lain," tambahnya.

Diketahui, Lucid's Air, sedan listrik buatan Lucid merupakan salah satu kendaraan listrik jarak jauh dengan jangkauan hingga 516 mil (830 km). Keberhasilan ini diperoleh berkat komponen powertrain, bahan kimia baterai, dan desain internal yang canggih.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2007 ini memproduksi kendaraannya di Arizona, AS. Salah satu produknya, Lucid Air Sapphire, dijual dengan harga sekitar Rp3,8 miliar, memiliki tenaga sebesar 1.234 dk dan torsi sebesar 161 Nm.