Mullen FIVE RS, Monster Listrik 1.000 Tenaga Kuda dari California
FIVE RS. (Foto: X/@Mullen_USA)

Bagikan:

JAKARTA - Pameran Consumer Electronics Show (CES) 2024 telah berakhir dan untuk kali ini minim diikuti pabrikan mobil dibanding tahun-tahun sebelumnya, tapi tetap saja menjadi panggung gemilang bagi Mullen, pabrikan mobil listrik asal California.

Di sana, mereka memamerkan model teranyar dan terganas mereka, FIVE RS berdasarkan Five yang ditunjukkan tahun lalu dan siap menggoyang dominasi Tesla Model X Plaid dan Lucid Air Dream Edition.

Melansir Autocar, diketahui perusahaan EV yang berbasis di California ini didirikan pada tahun 2014 oleh David Michery. Namun hingga kini belum ada satu pun mobil produksi perusahaan ini dikirimkan ke pelanggan.

8

Sementara FIVE RS yang dipamerkan dibekali jantung listrik buas dengan baterai berkapasitas 100 kWh dengan tenaga lebih dari 1.000 dk, dan diklaim sanggup menembus kecepatan 320 km/jam lebih, dan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 2 detik.

Tenaga monster ini disalurkan melalui penggerak empat roda dengan dua motor listrik dan didukung oleh arsitektur pengisian 800V. Bayangkan, mengisi baterai dari 0 hingga 80% hanya butuh 21 menit!

7

Tak hanya kencang, FIVE RS juga dilengkapi dengan rem Brembo mumpuni dengan kaliper enam dan empat piston yang menjepit cakram karbon-keramik, mode "Ultra-Performance Race Track" untuk memaksimalkan tenaga dan handling, serta asisten suara bertenaga AI dengan teknologi pengenalan wajah.

7

Meski terlihat siap produksi dengan interior mewah berbalut Alcantara dan aksen karbon, belum jelas apakah FIVE RS dan basisnya, FIVE, benar-benar akan meluncur dari pabrik baru Mullen di Robinsonville, Mississippi. Mobil yang dipamerkan di Las Vegas masih berupa prototipe untuk pameran.

CEO Mullen, David Michery, sebelumnya berambisi menjadikan FIVE RS sebagai salah satu mobil tercepat di dunia. Janji untuk menunjukkan performa mobil ini di arena balap pada musim semi tahun lalu juga belum terwujud.

Mullen sendiri memiliki saham mayoritas di perusahaan kendaraan komersial listrik Bollinger Motors, yang sempat menggemparkan publik dengan truk pick-up dan SUV ekstrem pada 2019. Namun, fokus mereka kini beralih ke truk berat.

Akankah mobil monster listrik ini benar-benar melaju kencang di jalanan? Kita tunggu saja kelanjutan kisahnya.