Skoda Hadir di Gran Turismo 7 dengan Mobil Konsep Listrik Vision Gran Turismo
Skoda Vision Gran Turismo. (Dok. CarBuzz)

Bagikan:

JAKARTA - Skoda menjadi pabrikan otomotif terbaru yang meramaikan jajaran mobil konsep Vision Gran Turismo. Mereka menyusul jejak brand mapan seperti Lamborghini, Mercedes-Benz, dan terbaru Genesis dengan X Gran Berlinetta Vision Gran Turismo.

Ini adalah kali pertama Skoda hadir di Gran Turismo 7. Mobil balap listrik ini menonjolkan komitmen Skoda untuk menjangkau target konsumen baru, terutama gamer dan penggemar otomotif virtual.

Performa Gahar dengan Tenaga Setara Monster

6

Melansir CarBuzz, 26 April, Skoda Vision Gran Turismo (VGT) ditenagai empat motor listrik yang menghasilkan tenaga buas 1.071 horsepower dan torsi 1000 Nm. Meski belum seganas Rimac Nevera, angka tersebut tetap terbilang fantastis. Seluruh tenaga disalurkan ke keempat roda melalui transmisi single-speed.

Belum ada catatan resmi soal akselerasi, namun bobot ringan VGT yang hanya 2.866 lbs (termasuk baterai 87 kWh) menjanjikan hentakan yang dahsyat. Ditambah lagi dengan suspensi pushrod independen di depan dan belakang (mirip mobil Formula E) serta sistem active aerodynamics, VGT diprediksi bakal lincah dan menyenangkan untuk dikendarai di dalam game. Skoda mengklaim sistem AWD VGT mampu secara aktif mengatur penyaluran torsi antar roda untuk meningkatkan kemampuan menikung.

Desain Paduan Masa Lalu dan Masa Depan

6

Pabrikan asal Ceko ini mengambil inspirasi masa lalu untuk desain VGT. Sentuhan mobil balap klasik 1100 OHC Spider tahun 1957 terlihat pada penggunaan sayap belakang terpisah. Jejak bodi Speedster yang ramping juga nampak pada hypercar listrik ini.

Namun, VGT juga menampilkan aura masa depan. Skoda menggunakan bahasa desain ‘Modern Solid’ yang akan diterapkan pada mobil listrik Skoda mendatang. Sentuhan konsep Skoda Vision GT pun terlihat samar-samar pada VGT.

Lampu depan berbentuk T menjadi detail menarik, namun bagian belakang mobil lah yang paling mencuri perhatian. Fascia terbuka dan lampu belakang terpisah bergaya dramatis, mengingatkan kita pada mobil balap klasik abad ke-20. Skoda semakin menggelorakan tampilan dengan warna matte Explorer Green.

Pilihan warna ini diadopsi dari mobil konsep Vision 7S, namun pemain juga bisa memilih livery bernuansa klasik yang terinspirasi mobil reli Skoda 130 RS.