Bukan Tesla, Rivian Luncurkan Pikap Listrik Pertama untuk Konsumen di AS
Pikap R1T dari Rivian resmi meluncur ke konsumen. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA – Truk pikap dengan energi listrik pertama sudah siap untuk meluncur ke konsumen. Namun model ini bukan dari Tesla. Pendiri dan CEO Rivian, Robert "RJ" Scaringe, melaporkan pada Selasa, 14 September, melalui Twitter bahwa perusahaan telah menyelesaikan pembuatan kendaraan pikap listrik.

“Setelah berbulan-bulan membangun mobil pra-produksi, pagi ini kendaraan pelanggan pertama kami diluncurkan dari jalur produksi kami di Normal [Illinois]! Upaya kolektif tim kami telah memungkinkan momen ini. Saya tidak sabar untuk meletakkannya di tangan pelanggan kami! " Scaringe dalam tweet-nya.

Fakta ini menempatkan perusahaan startup  tersebut sebagai perusahaan otomotif pertama yang memproduksi dan menjual mobil kargo listrik. Ini adalah model R1T dari merek tersebut, yang memiliki harga berkisar dari 67.500 dolar (Rp 962 juta) hingga 73.000 dolar (sekitar Rp 1,04 miliar), tergantung pada spesifikasinya.

Perusahaan lain yang mengaku juga membuat truk pickup listrik antara lain General Motors (GM), Lordstown Motors, Ford, dan Tesla.

Menurut TechCrunch , mobil Rivian sudah menerima sertifikasi laik jalan dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional, Badan Perlindungan Lingkungan dan Dewan Sumber Daya Udara California, yang memungkinkan perusahaan untuk menjual dan mengirimkan truknya di 50 negara bagian Amerika Serikat.

Meski belum jelas berapa jumlah kendaraan yang diproduksi atau siapa yang akan menjadi pelanggan pertama yang mengemudikan truk tersebut, CNBC memastikan semua mobil yang diproduksi perusahaan tersebut layak jual.

Di situs resminya, Rivian melaporkan bahwa pengiriman akan dimulai pada Januari 2022. Namun, beberapa media telah melaporkan bahwa perusahaan berencana untuk memulai pengiriman edisi peluncuran model R1T bulan ini.