7 Kebiasaan Kecil yang Membuat Perut Buncit tapi Jarang Disadari
Kebiasaan kecil yang membuat perut buncit (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang mengira perut buncit disebabkan karena makan atau minum terlalu banyak. Faktanya ada kebiasaan-kebiasaan kecil yang membuat perut buncit namun jarang disadari oleh orang-orang. Mungkin selama ini Anda juga tidak menyadari telah melakukan kebiasaan-kebiasaan sepele yang ternyata bikin perut jadi membuncit. 

Memiliki perut buncit bagi banyak orang cukup mengganggu penampilan. Apalagi jika Anda mengenakan pakaian yang cukup kecil atau ketat, maka bagian perut akan menonjol. Hal ini kerap membuat pemilik perut buncit jadi tidak percaya diri. Jika tidak ingin mengalaminya, sebaiknya pahami kebiasaan-kebiasaan kecil yang bikin perut buncit dan perlu Anda hindari. 

Kebiasaan-Kebiasaan yang Membuat Perut Buncit

Seperti yang diketahui bahwa perut buncit terbentuk karena adanya penumpukan lemak di area tubuh tersebut. Namun di samping itu ada juga perut yang membuncit meski tumpukan lemaknya terbilang sedikit. 

Jadi bisa saja ada orang yang memiliki bentuk tubuh ideal atau tidak gemuk, namun perutnya membuncit. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan kecil yang membuat perut buncit sebagai berikut ini:

Sering Mengonsumsi Junk Food

Jika Anda kerap mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji maka sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Kebiasaan makan junk food tanpa Anda sadari dapat menyebabkan perut jadi buncit. Junk food mengandung banyak lemak dan kalori serta rendah gizi, sehingga membuat berat badan cepat naik. 

Kebanyakan Minum Alkohol

Kebiasaan lainnya yang dapat membuat perut buncit adalah kebanyakan minum alkohol. Mengonsumsi minuman beralkohol tidak hanya merusak fungsi ginjal dan hati, namun juga bisa menyebabkan perut membuncit. Kandungan alkohol mengakibatkan protein jadi terbuang, sementara lemak tertimbun di tubuh dan terutama di area perut.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak juga berpengaruh meningkatkan berat badan secara keseluruhan. Selain kebanyakan minum alkohol, orang-orang yang terbiasa merokok juga berpotensi memiliki perut buncit.

Kerap Mengonsumsi Makanan Manis

Terbiasa mengonsumsi makanan manis juga menjadi salah satu faktor penyebab perut buncit. Makanan manis mengandung gula yang dapat menimbulkan tumpukan lemak di bagian perut. Saat tubuh kelebihan gula maka akan tersimpan sebagai lemak di perut. 

Tak hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis juga membuat tubuh mengeluarkan hormon yang mengakibatkan resistensi leptin. Kondisi ini akan membuat tubuh terus menerus merasa lapar, sehingga mendorong nafsu makan Anda lebih sering. Tentu saja hal ini bisa mengakibatkan terjadinya tumpukan lemak di perut.

Kebiasaan Makan Terlalu Malam Menjelang Tidur

Apakah Anda punya kebiasaan makan terlalu larut malam? Ternyata pola makan menjelang tidur juga bisa menyebabkan perut buncit. Saat Anda makan terlalu malam, kondisi tubuh sudah lelah dan ingin istirahat. 

Kondisi tersebut membuat produksi insulin untuk mengolah kalori menjadi lebih rendah. Jadi ketika Anda makan larut malam maka kelebihan kalori yang belum terolah akan tersimpan menjadi lemak yang salah satunya menumpuk di perut.

Malas Olahraga

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa malas olahraga akan membuat badan mudah gemuk atau berat badan meningkat. Hal ini pun turut membuat perut menjadi buncit. Padahal kalori yang masuk dalam tubuh harus dibakar supaya tidak terjadi tumpukan lemak di perut. Salah satu cara untuk membakar kalori adalah dengan aktif berolahraga. 

Terlalu Banyak Tidur

Kebiasaan terlalu banyak tidur juga dapat memicu perut jadi buncit. Tidur yang terlalu lama memang tidak baik untuk kesehatan. Saat Anda tidur dalam waktu lama maka proses metabolisme untuk mengolah lemak tidak akan berjalan secara optimal.

Makan Sambil Beraktivitas

Tidak sedikit orang suka makan sembari melakukan aktivitas lain. Rupaya kebiasaan ini juga bisa membuat perut jadi buncit. Misalnya Anda makan sembari menonton, sambil bekerja, atau melakukan kegiatan lainnya.

Dalam kondisi tersebut, Anda akan kesulitan fokus dan membuat tubuh mengirim sinyal rasa lapar. Anda pun jadi memiliki nafsu makan berlebih atau menambah porsi makan, sehingga dapat menimbulkan perut buncit.

Demikianlah beberapa kebiasaan kecil yang membuat perut buncit namun jarang disadari. Jika Anda tidak ingin memiliki perut buncit maka sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan di atas. Baca juga beda perut kembung dan begah agar tidak salah menanganinya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.