Bagikan:

YOGYAKARTA - Nampaknya masyarakat kita masi suka bingung untuk mengetahui beda perut kembung dan begah. Kira-kira apa ya? Yuk kita cari tahu perbedaannya.

Beda Perut Kembung dan Begah

Pengertian perut begah

Perut begah merupakan sensasi yang umum dirasakan banyak orang buat menggambarkan keadaan perut yang terasa penuh, padat, kencang, serta sesak.

Sebagian orang bisa jadi menggambarkan sensasi begah dibarengi dengan rasa nyeri.

Sensasi begah berbeda dengan perut kembung akibat retensi air, misalnya sehabis kebanyakan minum. Perihal ini umumnya dipicu oleh kendala tertentu pada sistem pencernaan.

Pengertian Perut Kembung

Perut kembung merupakan sensasi rasa tertekan ataupun kepenuhan di perut serta terkadang diiringi dengan perut yang nampak buncit. Keadaan tersebut memunculkan rasa tidak nyaman sampai menyakitkan. Kembung dapat lenyap dalam beberapa saat serta dapat saja terjadi secara berulang.

Permasalahan pencernaan sampai fluktuasi hormon dalam badan jadi pemicu siklus kembung datang kembali. Kalian butuh mencari perawatan kedokteran buat memastikan penyebabnya bila indikasi yang dirasakan tidak kunjung membaik. Keadaan tersebut dapat jadi tanda- tanda terdapatnya kendala kesehatan tertentu.

Pemicu perut begah

Begah biasanya muncul akibat sangat banyak gas ataupun sisa santapan yang terperangkap di dalam perut.

Perut pada dasarnya memanglah memiliki gas serta tidak menimbulkan permasalahan. Tetapi, jumlah gas kelewatan membuat perut terasa tidak aman serta nampak lebih besar.

  • Menelan banyak udara, hal ini dapat depict karena ;
  1. Makan terburu-buru.
  2. Makan sambil mengobrol.
  3. Memakai gigi palsu.
  4. Merokok.
  5. Mengunyah permen karet.
  6. Mengonsumsi minuman berkarbonasi.
  • Makanan tinggi lemak dan karbohidrat kompleks, Makanan tinggi lemak dan karbohidrat kompleks sulit dicerna tubuh. Akibatnya, makanan mengendap lebih lama di dalam lambung, bereaksi dengan bakteri di usus, dan menghasilkan gas hidrogen dan karbondioksida.
  • Intoleransi makanan, Intoleransi makanan atau tidak mampu mencerna zat makanan tertentu bisa menyebabkan kembung.
  • Sedang menstruasi , Wanita umumnya merasa perutnya kencang dan padat dalam beberapa hari menjelang haid dan selama haid masih berlangsung.
  • Masalah pencernaan, Dalam kebanyakan kasus, perut yang terasa begah juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi penyakit yang mendasarinya. Daftarnya di bawah ini.

Pemicu Perut Kembung

Kembung yang tiba serta pergi biasanya berlangsung akibat kendala pencernaan, hormonal, ataupun keduanya. Tidak hanya itu, kembung pula bisa timbul akibat beberapa aspek berikut ini:

  • Asites. Ini adalah penumpukan cairan secara bertahap dalam rongga perut akibat penyakit hati, gagal ginjal, atau gagal jantung.
  • Insufisiensi pankreas. Ini adalah jenis disfungsi pankreas di mana pankreas tidak lagi dapat membuat enzim pencernaan yang cukup untuk menjalankan fungsinya dalam proses pencernaan.
  • Peradangan lambung (gastritis) atau usus (enteritis). Hal ini biasanya terjadi akibat infeksi bakteri atau akibat konsumsi alkohol berlebihan. Ini juga dapat berkaitan dengan tukak lambung.
  • Kanker. Beberapa jenis kanker dapat memicu perut kembung sebagai gejalanya. Salah satunya seperti kanker lambung yang kerap tidak terdeteksi sedari awal. 
  • Pola hidup tidak sehat. Kembung bisa terpicu oleh konsumsi makanan tidak bersih, makan terlalu cepat, sering mengonsumsi junk food atau makanan berlemak, kebiasaan merokok, dan jarang berolahraga.

Jadi setelah mengetahui beda perut kembung dan begah, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!