Mengapa Perut Terasa Begah? Ini 7 Penyebabnya
Ilustrasi perut begah (Freepic/wayhomestudio)

Bagikan:

JAKARTA – Ketika perut terasa tak seperti biasanya, tentu perlu segera diketahui penyebabnya. Ketika Anda bersendawa, perut terasa penuh, sesak, dan kentut terus menerus merupakan ciri-ciri perut begah. Pernah merasakan hal ini?

Sebenarnya perut terasa begah dan kencang merupakan reaksi biasa setelah makan. Meski penyebabnya tak berbahaya, tetapi penting untuk mengenali agar tidak merasakan ketidaknyamanan pada perut hingga mengganggu aktivitas.

Dilansir dari Medical News Today, Minggu, 14 Maret, beberapa jenis makanan memang menimbulkan efek begah dan kembung. Disamping itu, ketahui 7 penyebab perut begah di bawah ini.

Gas menumpuk

Penyebab perut begah paling umum adalah mengalami penumpukan gas pada perut. Rasanya seperti masuk angin tetapi perut sudah terisi penuh. Artinya penyebabnya bukan hanya udara yang masuk tetapi produksi gas oleh jenis makanan tertentu.

Ini bukan hal yang membahayakan, sebab yang memicu produksi gas berlebih reaksi organ pencernaan maupun dipicu oleh jenis makanan yang mengandung serat dan berlemak.

Sembelit atau konstipasi

Jika tidak mengonsumsi makanan mengandung serat, buang air besar akan terhambat atau mengalami sembelit. Sembelit atau dikenal juga dengan konstipasi merupakan salah satu penyebab perut begah. Ciri-cirinya, perut terasa penuh, keras, dan haus.

Intoleransi makanan

Tak hanya bayi yang dalam masa ASI, orang dewasa pun acap kali intoleran terhadap makanan yang mengandung laktosa maupun gluten. Laktosa dan gluten bisa jadi penyebab perut begah, terutama bagi Anda yang intoleran terhadap dua kandungan ini.

Terlalu banyak makan

Bakan porsi besar dan memaksakan untuk menghabiskan bisa jadi salah satu penyebab begah. Maka dari itu, pertimbangkan porsi atau ukuran perut sesuai kapasitasnya. Jika memesan makanan porsi besar, Anda dapat membagi makanan tersebut.

Disamping itu, mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat memberi efek begah. Perut terasa penuh, sesak, dan tidak enak.  

ciri ciri perut begah
Ilustrasi makan secara brutal (Freepik/lookstudio)

Infeksi pencernaan

Hati-hati dalam memilih jenis makanan, bisa saja masih mengandung bakteri sebab pengolahan tidak sempurna. Ini dapat membuat sakit perut, diare, terasa begah, hingga buang air besar berdarah.

Pencernaan bermasalah

Pada dasarnya, jika terjadi masalah pada pencernaan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman hingga sakit melilit. Masalah iritasi pada usus perut juga dapat berefek rasa begah. Jika mengalami perut begah dalam waktu berkepanjangan diikuti dengan rasa sakit, segeralah periksakan ke dokter.

Gangguan ginekologis

Masalah ginekologis kerap kali dialami oleh wanita dengan endometriosis. Perut akan kencang, kram, dan begah sehingga nafsu makan menurun drastis.

Apabila Anda merasakan begah pada perut, identifikasi penyebabnya kemudian jika tak kunjung sembuh disarankan untuk memeriksakan diri pada ahlinya.