Tidak Melulu Google Translate, Aplikasi Penerjemah Bahasa Asing Ini Wajib Anda Coba
Tidak Melulu Google Translate, Aplikasi Penerjemah Bahasa Asing Ini Wajib Anda Coba (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google Translate menjadi aplikasi atau fitur yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet saat ingin menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Pamor Google Translate yang sudah dikenal oleh semua masyarakat di seluruh dunia membuat aplikasi penerjemah lainnya seolah dilupakan. Padahal, ada banyak aplikasi penerjemah bahasa lainnya yang memiliki layanan tidak kalah bagus dari aplikasi besutan Google tersebut.

Oleh karenanya, bagi pengguna yang bosan menerjemahkan artikel atau teks lainnya menggunakan Google Translate, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi lain sebagai pembanding.

Jika Anda bingung mencari aplikasi penerjemah bahasa untuk membantu Anda, berikut ini tim VOI telah merangkum sejumlah aplikasi penerjemah yang bisa Anda coba.

Yandex Translate

Yandex merupakan perusahaan jasa dan produk internet yang mirip dengan Google. Bahkan, Yandex sering dijuluki sebagai Google milik Rusia, karena memiliki beragam fitur yang mirip dengan Google.

Jika Google memiliki Google Translate, maka Yandex juga memiliki produk Yandex Translate, yang bisa menerjemahkan teks dari berbagai bahasa di dunia. Saat ini, aplikasi tersebut dapat menerjemahkan 97 bahasa di dunia.

Selain menerjemahkan teks atau tulisan, Yandex Translate juga bisa menerjemahkan suara. Layanan tersebut juga dilengkapi dengan auto-spelling yang dapat memperbaiki kesalahan ejaan.

Microsoft Translator

Perusahaan yang memproduksi sistem operasi Windows yang sering digunakan komputer atau laptop, Microsoft juga memiliki aplikasi yang dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia.

Salah satu kelebihan Microsoft Translator adalah pengguna bisa mengunduh hasil terjemahan menjadi file dokumen sehingga lebih mudah dibaca. Pengguna pun bisa membaca hasil terjemahan secara offline.

iTranslate

Aplikasi penerjemah lainnya yang dapat Anda pakai untuk menerjemahkan teks bahasa asing ke Indonesia atau sebaliknya adalah iTranslate. Aplikasi tersebut memiliki 80 pilihan bahasa yang dapat Anda pakai untuk menerjemahkan berbagai teks.

Meskipun jumlah bahasa yang dimiliki tidak sebanyak Google Translate, dan Yandex Translare, tetapi tampilannya yang sederhana membuat iTranslate lebih mudah digunakan dibanding denga aplikasi penerjemahan lainnya.

Sayangnya, aplikasi tersebut baru tersedia untuk perangkat smartphone seperti Android dan iOS sementara untuk perangkat komputer atau laptop, pengguna masih belum bisa menggunakannya.

Itu tadi sejumlah aplikasi penerjemah bahasa selain Google Translate yang dapat Anda gunakan. Pengguna dapat memilih salah satu aplikasi di atas saat ingin menerjemahkan artikel tertentu untuk mempermudah tugas atau pekerjaan Anda.