Menerjemahkan Lebih dari 108 Bahasa, Google Translate Tembus 1 Miliar Unduhan
Aplikasi Google Translate (dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan Google Translate bisa jadi aplikasi yang paling sering dimanfaatkan pengguna smartphone, apalagi jika dipakai untuk berpergian ke luar negeri. Kini layanan penerjemah buatan Google itu akhirnya mencapai 1 miliar unduhan, sejak diluncurkan pada 2010.

Sejak pertama kali diperkenalkan, Google Translate telah mengalami berbagai peningkatan, termasuk kemampuan menerjemahkan 108 bahasa, hingga melakukan transkrip teks secara real-time. Google Translate juga sudah memproses lebih dari 100 miliar kata per hari.

Angka tersebut dikalkulasi berdasarkan total unduhan pengguna di Google Play Store. Jumlah 1 miliar unduhan itu pun hanya mencakup perangkat Android, belum termasuk yang disumbang oleh platform iOS. 

Ragam fitur yang dihadirkan Google Translate, membuatnya jadi aplikasi wajib saat melancong ke luar negeri. Sebut saja, layanan penerjemah buatan Google ini bisa langsung menerjemahkan tulisan di gambar hanya berbekal kamera smartphone.

Cukup buka aplikasi Google Translate versi terbaru di ponsel Android atau iOS, lalu tekan ikon kamera kemudian arahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan. Sebagaimana dirangkum dari Gizmochina, Rabu, 7 April.

Ada pula fitur Live Transcribe yang berguna untuk menerjemahkan percakapan langsung ke dalam format teks. Fitur ini diciptakan untuk membantu pengguna yang memiliki gangguan pendengaran. Selain itu, Google Translate juga sudah bisa bekerja tanpa butuh sambungan internet. 

Di antara 108 bahasa dunia, Google juga memperkaya kemampuan kosakata Google Translate dengan bahasa Jawa dan Sunda. Dukungan bahasa Jawa dan Sunda ini dirilis Google dengan sejumlah bahasa dari negara dan daerah lainnya.